Wednesday, June 26, 2013

Aman dan Jitu Usir Nyamuk

Aman dan Jitu Usir NyamukSI kecil bisa tidur nyenyak menjadi impian setiap Moms. Jika sampai sekarang masih sulit terlelap karena diganggu oleh gigitan nyamuk, Anda bisa atasi dengan solusi ini.  
Berikut kiat-kiat Prof. Dr. Frans D. Suyatna, PhD, SpFK, dari Departemen Farmakologi dan Therapeutik FKUI, sebagaimana diulas Mom & Kiddie.
 
1. Pasang kelambu pada boks bayi atau tempat tidurnya. Atau gunakan kojong/tudung bayi ? berbentuk seperti tudung saji.

2. Saat tidur selimuti tubuh bayi atau kenakan baju panjang.

3. Pasang kawat nyamuk pada setiap ventilasi kamar maupun ruangan lainnya.

4. AC dapat menyebabkan nyamuk menjadi tidak aktif, bila suhu di bawah 20 derajat. Tapi jika suhu terlalu dingin, cara ini tidak dianjurkan untuk bayi.

5. Jika terkena obat nyamuk semprot, segera cuci dan bersihkan dengan air mengalir sampai bersih, jangan menggunakan sabun atau alkohol karena sabun mempermudah racun masuk ke dalam kulit/meresap.

6. Obat nyamuk jangan sampai termakan atau terminum. Jika ada ciri-ciri keracunan seperti muntah, banyak keringat, mencret, sesak napas, keluar cairan dari mulut, keluar air mata, badannya dingin, dan lembap, segera bawa ke dokter.

7. Jaga kebersihan lingkungan rumah dengan membersihkan got secara rutin, dan bak mandi bersihkan minimal 3 hari sekali. Kalau bak mandi sulit dibersihkan, tambahkan bubuk abate (larvasida) untuk membunuh jentik nyamuk.

8. Jika ingin mengendalikan nyamuk tanpa racun, mulailah menanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender, pohon jarak, serai, bawang putih, mindi, kayu putih, atau tanaman lainnya yang bisa menghalau nyamuk.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment