Wednesday, May 29, 2013

Tubuh Sehat, Wajib Konsumsi Makanan Berikut

Tubuh Sehat, Wajib Konsumsi Makanan BerikutMENGONSUMSI makanan yang bergizi sangat baik untuk tubuh, terlebih  bila sudah memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini dimana tubuh akan mudah terserang penyakit. Karenanya, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu Anda tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dilakukan dengan rutin berolahraga, tapi juga mengonsumsi makanan bergizi. Berikut beberapa asupan penting yang wajib dikonsumsi, seperti dilansir Express.

Alpukat

Alpukat mengandung tinggi serat. kalium, magnesium, dan vitamin E, juga merupakan sumber kaya glutathione, serta antioksidan yang menghambat lebih dari 30 karsinogen atau zat penyebab kanker. Alpukat juga dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal sehingga dapat berfungsi memperlambat pencernaan dan menjaga gula darah setelah makan.

Diet tinggi lemak yang baik dapat membalikkan resistensi insulin, dalam arti menstabilkan kadar gula darah dalam jangka panjang.

Kacang-kacangan

Brasil adalah sumber selenium yang mengatur tiroid, sehingga mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari kanker, penyakit Alzheimer, dan depresi.

Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahwa pria dengan asupan selenium tinggi, 60 % lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat. Makanan yang mengandung selenium contohnya, kacang almond, hazelnut atau kemiri serta kacang.

Almond kaya akan vitamin B dan E yang baik untuk kesehatan otak dan magnesium yang tahan penyakit. Sementara, hazelnut atau kemiri kaya akan vitamin E dan kacang mete penuh dengan zat besi.

Kacang adalah sumber serat yang baik dan arginin, asam amino yang membantu pembuluh darah untuk bersantai.

Tomat

Seperti cabai merah, tomat mengandung lycopene. Memasak tomat membuat lycopene lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap radikal bebas, juga membantu untuk menangkal kanker lambung, prostat dan kanker payudara, serta degenerasi kondisi mata terkait usia. Tomat juga mengandung penuh vitamin A, C dan E, serta rendah kalori.

Purple Berries

Berry mengandung flavenoids yang membantu memberantas radikal bebas dan anthocyanosides yang melindungi tubuh terhadap semua jenis kanker. Ekstrak blueberry juga telah terbukti untuk mencegah bakteri menular serta menempel pada dinding kandung kemih dan usus.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa ons bery dapat melawan penyakit serta menyediakan kebutuhan antioksidan Anda sehari-hari.

?Anda tidak harus mengonsumsi blueberry, bisa blackcurrant dan blackberry yang lebih murah. Bahkan bisa juga memilih blackberry liar yang tumbuh di seluruh temapt? ujar Angela Dowden seorang ahli gizi.

Brokoli

Walaupun semua sayuran dari keluarga brassica (misalnya kembang kol dan kubis) adalah sumber antioksidan yang baik, brokoli juga mengandung lutein yang membantu menunda perkembangan degenerasi makula terkait usia, yaitu penyebab utama gangguan penglihatan yang memengaruhi satu dari 10 orang di atas 60 tahun. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment