Wednesday, May 29, 2013

Tip Bugar di Musim Pancaroba

Tip Bugar di Musim PancarobaMUSIM pancaroba memunculkan ancaman banyak penyakit infeksi. Untuk itu, mengetahui langkah preventif salah satu poin penting agar tidak membuat Anda jatuh sakit.

Hal ini seperti yang diutarakan oleh Emilia. E. Achmad, seorang ahli nutrisi dan gizi. Ia menjelaskan bahwa efek dari musim pancaroba itu akan memunculkan penyakit infeksi seperti batuk-pilek, diare, demam berdarah hingga juga gangguan berhubungan dengan pencernaan. Kondisi ini sendiri bisa terjadi dikarenakan efek pancaroba menuntut perubahan suhu dalam tubuh seseorang. Bila tidak bisa menyesuaikan, daya tahan tubuh pun menurun dan akhirnya tumbang.

Emil menganjurkan agar setiap orang bisa merawat kesehatannya dengan  mengonsumsi makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya mengonsumsi air putih dan juga buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

"Mengonsumsi air putih yang cukup, definitely meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Cara yang mudah tapi mempunyai banyak khasiat. Maka, inilah catatan pertama yang harus dilakukan seseorang bila seorang tidak mau jatuh sakit di musim pancaroba," ujarnya dalam acara yang bertemakan Peluncuran MYTEA; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan, Jakarta, Selasa 28 Maret 2013.

Setelah minum air putih cukup, sambung Emil, konsumsilah buah dan sayuran dalam menu harian Anda dimana kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur dapat meningkatkan ketahanan tubuh seseorang.

"Pokoknya usahakan mengonsumsi sayuran hijau dan buah mengandung vitamin C saat musim pancaroba ini. Sebab semua aneka kandungannya membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga setiap perubahan suhu dari cuaca yang terjadi di luar, tubuh Anda bisa cepat menyesuaikan," imbuhnya.

Ditambahkannya lagi, Anda juga bisa mengonsumsi susu secara rutin sebelum beraktivitas. Hal ini bertujuan untuk membentengi tubuh Anda dari perubahan suhu dari cuaca berubah secara drastis di luar. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment