Monday, May 27, 2013

Terlibat Persaingan, Testosteron Pria Meningkat Pesat

Terlibat Persaingan, Testosteron Pria Meningkat PesatMENINGKATKAN testosteron ternyata bukan hal yang sulit. Berolahraga dengan orang asing atau orang yang belum Anda kenal bisa jadi pilihan. Persaingan yang terjadi di dalamnya akan meningkatkan testosteron dengan mudah.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi baru di Human Nature. Dalam penelitian, para peneliti melakukan sebuah eksperimen dengan menerapkan berbagai pertandingan yang kompetitif antara seseorang dengan orang lain. Ternyata, hasil menunjukkan jika tingkat testosteron pria melonjak hingga lebih dari 30 persen. Sementara bila Anda berhasil mengalahkan teman Anda dalam sebuah pertandingan olahraga, hal tersebut justru tidak memengaruhi tingkat testosteron pria.

Dalam studi dijelaskan bahwa testosteron akan naik ketika jaringan otot dirangsang sehingga koordinasi dan kemampuan mental juga meningkat dan akan merasa lebih percaya diri dalam suasana yang kompetitif. Para peneliti berspekulasi bahwa tingkat testosteron yang meningkat setelah kemenangan tersebut memersiapkan Anda menghadapi penantang lainnya.

Lalu mengapa testosteron Anda tidak meningkat ketika mengalahkan teman? "Evolusi berbicara, membentuk koalisi atau kemitraan adalah strategi yang baik untuk tetap bertahan hidup, jika berhadapan dengan sekutu atau musuh, testosteron Anda akan berkobar karena dengan loyalitas hal itu tidak akan bertahan lama," ujar Mark Flinn, Ph.D, seorang antropolog di University of Missouri sebagaimana yang dilansir oleh Menshealth.

Pada awal penelitian menunjukkan testosteron akan meningkat selama dalam pertandingan olahraga, tim Anda memeroleh kemenangan. Namun ternyata memenangkan sebuah kompetisi non-olahraga, misalnya bersaing di tempat kerja untuk sebuah kontrak atau pekerjaan lainnya ternyata juga bisa meningkatkan testosteron, terlebih bila bersaing untuk mendapatkan perhatian wanita.

"Namun, setiap perbedaan yang ditunjukkan dalam tingkat testosteron hanya berlangsung singkat. Jadi jika Anda khawatir dengan testosteron yang rendah, lebih baik Anda berusaha menurunkan berat badan dan mengurangi mengonsumsi alkohol," tutupnya. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment