Friday, May 24, 2013

Sebaiknya Perbanyak Air atau Konsumsi Serat?

Sebaiknya Perbanyak Air atau Konsumsi Serat? BILA dahulu serat diketahui penting menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan tubuh, kenyataannya tidak  lagi. Sebab, menjaga tubuh tetap terhidrasi lebih penting dibanding mengonsumsi asupan serat.  
Hal ini sebagaimana hasil penelitian yang dipublikasikan The American Journal of Gastroenterology. Penelitian mengungkapkan bahwa tetap terhidrasi lebih penting daripada mengonsumsi serat secara teratur.
 
Peneliti dari National Health and Nutrition Examination Survey  menganalisis responden sekira 9.000 orang dewasa dari 2005 sampai 2008. Di mana penelitian ini bertujuan melihat lebih penting mana, apakah orang yang mengonsumsi serat atau cairan dalam tubuh tetap terjaga. Lalu setelah melewati proses penelitan, ditemukan bahwa baik pria maupun wanita yang memiliki kekurangan cairan dalam tubuh lebih cenderung mengalami gangguan kesehatan. Sedangkan seseorang yang mengalami kekurangan serat tidak mengalami gangguan yang sama.  
 
Mengenai hasil penelitian itu, Centers for Disease Control and Prevention menjelaskan bahwa air lebih penting karena dapat melindungi tubuh seseorang, yaitu membantu mengatur suhu tubuh, membuat otot sendi terasa empuk, melindungi saraf tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya. Selain itu, dapat menghilangkan racun dalam tubuh melalui kencing, keringat, dan sejenisnya, serta membantu menurunkan berat badan.
 
Dengan demikian, kini jangan ada alasan lagi tidak menyediakan air putih dalam tas agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment