Saturday, May 25, 2013

Sebab-Sebab Remaja Terserang Obesitas

Sebab-Sebab Remaja Terserang ObesitasBANYAK efek buruk yang terjadi bila anak saat remaja sudah mengalami obesitas. Untuk itu, mengetahui penyebab-penyebabnya sangatlah penting, agar bisa diambil langkah penanganan yang tepat.

Orangtua harus mewaspadai obesitas pada anaknya. Pasalnya, berbagai hasil penelitian telah menemukan bahwa remaja yang mengalami obesitas saat dewasa juga tetap mengalami obesitas. Ini jelas memprihatinkan karena kondisi itu dapat memicu penyakit kronis datang. Oleh karenanya, mengetahui penyebab-penyebab penting diketahui orangtua agar bisa mendapatkan penanganan yang maksimal dan anak Anda bisa menjalani aktvitasnya dengan lancar.

Lantas, apa saja penyebab dari seorang anak remaja mengalami obesitas? Di bawah ini ada beberapa penyebab mengapa anak remaja menjadi gemuk, diantaranya sebagai berikut, seperti dilansir Boldsky:

Gaya hidup kurang gerak

Game playstation, komputer, menonton televisi dan ponsel ialah penyebab remaja sekarang jadi lebih senang ada diruangkan dibandingkan kegiataan di luar. Inilah salah satu penyumbang terbanyak anak remaja mengalami obesitas.

Makanan yang tidak sehat

Membiasakan makan cepat saji, ialah pangkal dari anak mengalami obesitas. Pasalnya, makanan cepat saji minim protein tapi banyak karbohidrat. Seperti yang Anda ketahui karbohidrat ialah sumber awal lemak dalam perut bila tidak ditempa aktivitas fisik.

Kebiasaan makan di keluarga

Sebagian besar remaja memiliki kebiasaan jam makan mirip dengan orang tua mereka, dan karena sebagian besar orang tua  jadwal kerja yang sibuk. Sehingga membuat makan siang mereka sangat sedikit, tapi bila makan di malam hari umumnya berlebihan. Tentu itu akan memicu obesitas dikarenakan saat malam aktivitas fisik sudah minim, hingga karbohidrat yang masuk ke tubuh menumpuk jadi lemak.

Ketidakseimbangan perubahan hormonal

Selama masa remaja, perubahan signifikan kadar hormon sangat mungkin terjadi. Di mana hal ini menyebabkan makan berlebihan dan nafsu makan juga meningkat. Sehingga membuat anak Anda perlahan menimbun lemak dan menyebabkan mereka jadi obesitas.

Selalu ngemil bila bosan

Cepat bosan ialah keluhan yang sering keluar dari mulut remaja, hingga biasanya mereka mencoba menahan kebosanan dengan mengonsumsi camilan apa pun yang ada di rumah. Parahnya, tidak jarang banyak yang mengonsumsi camilan junk food, padahal itu penyebab utama obesitas di kalangan remaja. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment