Sunday, May 26, 2013

Radang Usus Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Radang Usus Tingkatkan Risiko Kanker KulitBILA Anda memiliki radang usus, sebaiknya jangan disepelekan. Pasalnya, hal ini dimungkinkan dapat meningkatkan risiko menderita penyakit lain.  
Sebuah penelitian baru dari Mayo Clinic menemukan bahwa selain diare, pendarahan rektum dan kram perut, penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease yang dikaitkan dengan 37 persen peningkatan risiko untuk melanoma.
 
?Melonoma merupakan jenis penyakit paling serius dari kanker kulit yang menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan tumor tumbuh dan menyebar. Selain itu, radang usus mengakibatkan sistem kekebalan tubuh tidak siap melawan sel-sel bandel yang dapat menyebabkan kanker,? jelas  Dr. Siddhart Singh, MD dari Mayo Clinic, sebagaimana dilansir news.menshealth.com.
 
Selain itu, pasien dengan radang usus seringkali diobati dengan obat imunosupresif untuk sistem kekebalan tubuh yang dapat berkontribusi pada risiko melanoma.  
 
Selanjutnya, Dr Siddharth mengatakan, kanker kulit sementara ini bisa dicegah dengan cara sederhana.
 
?Untuk musim panas seperti sekarang ini, pencegahan kanker kulit dengan cara sederhana dapat dilakukan dengan memakai topi, kacamata hitam, dan krim SPF (krim pelindung dari sinar matahari),? terangnya.
 
Dia pun menyarankan bagi siapa saja yang menderita radang usus untuk melakukan pemeriksaan kulit setiap tahun. ?Jika Anda melihat tahi lalat yang tidak wajar di tubuh Anda, pastikan segera melakukan pemeriksaan ke dokter, juga bagi siapa saja yang memiliki radang usus untuk melakukan pemeriksaan kulit tahunan,? sarannya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment