Thursday, May 23, 2013

Perlengkapan Berkendara Tak Lengkap, Waspada Ancaman Kanker Kulit

Perlengkapan Berkendara Tak Lengkap, Waspada Ancaman Kanker KulitKANKER kulit sesungguhnya tidak hanya menyerang pada daerah tangan dan badan. Kenyataannya, kanker ganas yang suka berada di kulit tubuh juga berkembang di kepala dan leher.

Hal ini dikarenakan radiasi ultraviolet bisa masuk ke daerah bagian lain selain tubuh, hingga bisa berkembang ke daerah-daerah lain. Selain itu, kanker kulit jenis melanoma ini disebabkan kurang perlengkapan saat berkendara motor atau mobil. Demikian kutipan yang dipublikasikan oleh Journal of Investigative Dermatology.

Hasil penelitian ini berdasarkam hasil analisis terhadap 279 kepala dan leher yang didiagnosis melanoma pada 121 pria dan 158 wanita di awal tahun 70-an dari daerah Champagne-Ardenne Perancis, antara 2004 dan 2009.

Dari data tersebut, ditemukan dua pola yang berbeda pada kanker kulit. Pada pria, 57 persen dari melanoma terletak di daerah kepala dan leher, termasuk kulit kepala, dahi, candi, telinga dan leher. Sementara 43 persen dikembangkan pada kelopak mata, hidung, pipi, dagu dan mulut, atau daerah pusat. Pada wanita sendiri, 79 persen dari melanoma berkembang di daerah pusat dan 21 persen di daerah perifer (bagian tubuh terbuka). Kanker di daerah perifer sendiri umumnya muncul di sisi kiri bagian tubuh pada pria dan di sisi kanan pada wanita, dan cenderung invasif, seperti yang dikutip Fox News.

Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa pria lebih sering terkena kanker kulit melanoma karena pria menghabiskan lebih banyak waktu mengemudi dibanding wanita. Inilah salah satu pendorong utama kanker kulit melanoma muncul. Apalagi bila perlengkapan berkendara kurang memadai dan lengkap, kemungkinan risiko seseorang terkena kanker kulit ini semakin tinggi. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment