Friday, May 24, 2013

Penyebaran Flu H7N9 Melalui Udara Belum Terbukti

Penyebaran Flu H7N9 Melalui Udara Belum TerbuktiBANYAK peneliti di Cina menggangap flu H7N9 bisa menular melalui udara. Nyatanya, kemungkinan flu burung H7N9 melalui udara masih belum sepenuhnya terbukti.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Journal of Science pada 23 Mei  2013 kemarin. Dijelaskan bahwa kemungkinan bahwa virus flu burung H7N9 dapat menyebar melalui udara belum sepenuhnya efektif dan terbukti. Di samping itu, penelitian ini juga menunjukan banyak bukti lain, yakni virus H7N9 hanya bisa menular di antara orang-orang bila ada kontak fisik secara dekat.

Dalam penelitian ini, para peneliti menginfeksi enam musang dengan virus H7N9. Musang sendiri dianggap model yang baik untuk mempelajari penularan flu pada manusia, karena pola penyebaran flu ini cenderung sama seperti manusia.

Kemudian, beberapa musang yang terinfeksi ditempatkan di kandang yang sama dengan musang yang tidak terinfeksi. Lain itu, beberapa musang tidak terinfeksi ditempatkan di kandang yang berjarak jauh dari musang terinfeksi. Hal ini bertujuan agar bisa melihat apakah virus ini bisa menyebar melalui udara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, semua musang yang tadinya tidak terinfeksi menjadi terinfeksi virus H7N9. Di samping itu, kondisi ini juga menjelaskan bahwa virus H7N9 dapat menyebar melalui kontak langsung.

Sementara, apakah flu burung bisa menyebar melalui udara, hasilnya kurang terbukti atau tidak signifikan. Pasalnya, hanya satu dari tiga musang di kandang yang ditempatkan jauh itu terinfeksi virus H7N9. Demikian seperti dilansir Fox News. (uky)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment