Thursday, May 23, 2013

Ngulik Manfaat Sehat Senam Jantung

Ngulik Manfaat Sehat Senam JantungMEMILIKI jantung sehat tentu menjadi harapan setiap orang. Untuk memelihara jantung kita, salah satu yang dapat dilakukan ialah melakukan senam jantung sehat.

Seperti yang dilakukan oleh Klub Jantung Sehat di Depok, Jawa Barat. Anggota yang ada bahkan sudah mencapai ribuan dari mulai jenjang tingkat SD, remaja, hingga dewasa.

Instruktur Klub Senam Jantung Sehat Lestari mengatakan senam jantung memiliki segudang manfaat. Pertama yakni untuk melancarkan peredaran darah demi kesehatan jantung. Selain itu, kata dia, tentunya lebih memasyarakatkan olah raga akan semakin digemari.

"Jadi sehat kan kalau peredaran darahnya lancar, untuk memasyarakatkan olah raga, biar warga mau berolahraga," ujarnya kepada Okezone di Balaikota Depok, Kamis (23/05/2013).

Ia mengajak masyarakat untuk jangan beranggapan bahwa senam jantung hanya untuk orang - orang yang mengidap penyakit jantung. Tetapi justru untuk mencegah penyakit jantung dan membuat badan menjadi bugar.

"Cegah penyakit jantung dan mengurangi kadar gula darah dengan membakar kalori, sehingga bisa mencegah penyakit diabetes," jelasnya.

Senam jantung biasa dilakukan di ruang terbuka agar para peserta bisa menghirup udara segar. Senam jantung yang sehat, biasa dilakukan tiga kali dalam seminggu.

"Biasanya di ruang terbuka, lapangan voli, di lapangan kecamatan, atau lapangan balaikota Depok," kata Lestari.

Senam jantung sama seperti senam biasa yakni berupa pemanasan, inti, dan pendinginan. Tak hanya itu, setiap peserta juga diberikan seputar penyuluhan kesehatan.

"Penyuluhan spontan kita berikan kepada para anggotanya. Kami juga biasanya mengukur denyut nadi terlebih dahulu sebelum senam, dan setiap jeda tahap. Kalau kurang tidur pasti nadinya cepat. Jadi kami selalu mengecek grafiknya. Sebelum senam jantung tak boleh kurang denyut nadinya kurang dari 60, dan tak boleh lebih dari 100, per 10 detik. Setiap instruktur harus mengetahui kondisi badan kita," paparnya.

Sehingga untuk mereka yang ingin mengikuti senam jantung, harus dalam keadaan fit. Tak hanya olahraga, tentunya harus diseimbangkan dengan pola makan. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment