Monday, May 20, 2013

Mobil Pelayanan Kesehatan Jiwa Cegah Stres Akibat Tawuran

Mobil Pelayanan Kesehatan Jiwa Cegah Stres Akibat TawuranBANYAK manfaat yang didapatkan dengan beredarnya mobil pelayanan kesehatan jiwa (Mobile Mental Health Service). Salah satunya, mengatasi masalah tawuran anak sekolah, khususnya sekolah SMA di Jakarta.  
Ya, hal ini berdasarkan pernyataan dari  Dr. Dien Ermawati M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dia menjelaskan bahwa tawuran yang merupakan salah satu gangguan kesehatan kejiwaan akan diatasi melalui Program Konseling Peduli Remaja. Di mana program ini diharapkan mengatasi masalah dan keluhan yang biasa dialami oleh para remaja sekolah di Jakrta.
 
"Program Konseling Peduli Remaja ini salah satu terobosan kami (Provinsi DKI Jakarta) untuk menekan tawuran sekolah di Jakarta. Di mana kami sudah mengadakan kerja sama dengan psikolog 22 universitas di Jakarta dan semua guru bimbingan konseling di Jakarta. Goal dari kegiatan ini agar menjadi sarana konseling untuk para sekolah mendapatkan solusi dari gangguan kesehatan jiwa murid, pada khususnya kasus tawuran," katanya dalam acara bertema Peluncuran Unit Mobile Health Service dan Penandatanganan MoU Program Kesehatan Jiwa Masyarakat di Gelanggang Olahraga Remaja Bulungan, Jakarta, Senin (20/5/2013).
 
Dia menambahkan, mobil pelayanan kesehatan jiwa ini akan berkeliling ke sekolah-sekolah, yang di dalamnya para psikolog berkerja sama dengan guru bimbingan konseling (BK) setempat untuk memberikan edukasi dan treatment pada murid yang mempunyai keluhan jiwa.
 
Dari upaya itu, katanya, murid yang kerap mengalami masalah gangguan jiwa, antara lain gangguan kepribadian, bullying, peer pressure, kurang kepercayaan diri, sampai penyalahgunaan Nafza akan ditengahi dan dicari jalan keluarnya. Sehingga pencapaian prestasi pribadi, kepercayaan diri, dan hal yang menjelekkan nama sekolah bisa dihindari.
 
"Tidak hanya mengatasi keluhan-keluhan yang biasanya dialami oleh para remaja ataupun anak sekolah. Mobil ini melalui program mobil kesehatan jiwa, para guru BK dan psikolog memberikan cara mengelola tekanan ataupun stres kepada murid. Sehingga para murid bisa lebih maksimal dalam mengejar prestasi dan tentu saja jauh dari tawuran," terangnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment