Sunday, May 26, 2013

Konsumsi Vitamin B Jaga Otak Tetap Sehat

Konsumsi Vitamin B Jaga Otak Tetap SehatBILA mengalami atau memiliki gangguan fungsi memori otak atau Alzheimer, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B. Benarkah?  
Penelitian baru di PNAS menemukan bahwa vitamin B dapat membantu mencegah Alzheimer. Pada awal penelitian, pasien dengan homosistein rendah (dan tidak mengambil suplemen) menikmati vitamin B sebagai perlindungan otak dengan mencoba makanan alami yang kaya B12. Makanan yang kaya B12, di antaranya sereal, salmon, ikan forel, dan susu.
 
Vitamin B (terutama B12) sendiri dapat membantu tubuh memecah homosistein, asam amino dalam darah yang terkait dengan penyusutan otak. Tingginya kadar homosistein juga terkait dengan penyakit jantung.
 
?Tidak jelas apakah mengonsumsi vitamin B saat usia muda dapat mencegah penurunan kognitif di masa depan. Selain itu, dosis tinggi juga tidak dianjurkan. Tetapi menjaga kadar homosistein B tetap rendah dapat dilakukan, sehingga menjadi kunci untuk fungsi otak yang sehat,? jelas Dr. Gwenaelle Douaud, Ph.D, salah satu rekan penelitian dari University of Oxford, sebagaimana dilansir news.menshealth.com.

Sementara itu, suatu penelitian di Australia menemukan bahwa pria paruh baya dengan asupan makanan mengandung B yang memadai dilaporkan memiliki fungsi memori otak yang lebih baik daripada mereka yang tidak.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment