Wednesday, May 29, 2013

Kenali Tiroid Lebih Detail

Kenali Tiroid Lebih DetailTIDAK banyak orang mengetahui apa dan bagaimana tiroid bisa dialami oleh seseorang. Agar penyakit ini tidak menimpa Anda, sebaiknya simak penjelasan berikut. 

Lalu, apa sebenarnya tiroid? "Tiroid merupakan kelenjar berukuran besar dan terletak di dalam leher, menempel pada trakea di bawah laring," tutur dr. Dina Garniasih, SpA (Paediatrics-Oncology Consultant) dalam seminar World Thyroid Day 2013 di Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2013.

Dalam seminar bertema Comprehensive-Integrated Health Talk on Thyroid Disease, dr. Dina menjelaskan bahwa fungsi kelenjar tiroid adalah menghasilkan hormon tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3). Kedua hormon tersebut akan mempengaruhi proses metabolisme di dalam tubuh, kemudian membantu proses dari produksi panas tubuh dan oksidasi sel-sel tubuh, serta mempengaruhi proses pertumbuhan fisik dan perkembangan mental.
Selanjutnya Dr. Dina menjelaskan cara kerja kelenjar tiroid terbagi menjadi dua, Hipotamus yaitu Thyrotropin-Releasing Hormone (TRH) yang menyebabkan kelenjar hipofisa mengeluarkan Thyroid-Stimulating Hormone (TSH), kemudian TSH merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid (T3 dan T4).
Sementara itu, beberapa kelainan yang menyerang kelenjar tiroid juga menyebabkan pembesaran kelenjar (goiter atau gondok). Gondok bisa timbul jika kelenjar tiroid kurang aktif atau terlalu aktif. Goiter sendiri adalah pembengkakan pada leher karena pembesaran kelenjar tiroid.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment