Monday, May 27, 2013

Kantin Sehat Penuhi Gizi Anak Indonesia

Kantin Sehat Penuhi Gizi Anak Indonesia GERAKAN Nusantara merupakan bentuk kontribusi Frisian Flag dalam rangka memberikan kontribusi memenuhi kebutuhan gizi anak-anak indonesia. Kantin sehat dicanangkan sebagai salah satu bentuk proteksi kesehatan terhadap generasi penerus.

"Frisian Flag Indonesia ingin berkontribusi kepada anak-anak Indonesia melalui rangkaian program Gerakan Nusantara dengan dukungan penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI," ujar Sri Megawati, Human Resources and Corparate Affairs Director Frisian Flag Indonesia di Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senayan, Jakarta pada Senin (27/5/2013).

Salah satu bentuk dari gerakan tersebut ialah dengan pengadaan edukasi gizi dan penerapannya bagi siswa dan guru di 250 Sekolah Dasar di 5 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Selain itu juga akan dilakukan penerapan 'Kantin Sehat'. Berikut penerapan konsep 'Kantin Sehat' di 10 sekolah sebagai Pilot Project (program akan berkordinasi dengan Dirjen Dikdas) pada September-Desember 2013) :

1.School Sampling, yaitu kegiatan pembagian nutrisi berupa susu kepada 500 sekolah dasar di lima kota di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar (100 sekolah dasar di tiap kota).

2. Mini Survey of Nutrition Knowledge, yaitu survei yang dilakukan kepada guru dan siswa sekolah dasar untuk mengetahui pengetahuan nutrisi harian. Survey ini ditujukan untuk siswa kelas 3 hingga kelas 5.

3. Senam Anak di Luar Ruangan, yaitu mengajak para siswa untuk aktif bergerak di luar ruangan, sehingga bisa terpapar sinar matahari yang membantu proses vitamin D dan juga mendorong para siswa untuk lebih aktif bergerak. Gerakan senam in telah disusun bekerjasama dengan dokter spesialis olahraga untuk menentukan gerakan yang tepat dan sesuai dengan aktivitas dan kondisi tubuh anak-anak usia sekolah dasar.

4. Healthy School Canteen, yaitu pemberian fasilitas kantin yang sehat di beberapa sekolah dasar terpilih sebagai pilot project yang diharapkan akan menjadi sebuah wujud komitmen dan program yang berkelanjutan dari Frisian Flag Indonesia. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment