Monday, May 27, 2013

Jangan Abaikan Pemenuhan Gizi Anak

Jangan Abaikan Pemenuhan Gizi Anak KEBUTUHAN gizi dan energi seorang anak adalah hal yang penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja karena merupakan dasar dalam mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan kinerja otak.

Masa pertumbuhan merupakan fase penting bagi buah hati. Karenanya, menunjang pertumbuhannya dengan gizi terbaik jadi hal yang perlu dilakukan.

?Setelah melewati Golden Period yang tidak boleh diabaikan adalah pemenuhan gizi dan energi anak di usia pra sekolah dan usia sekolah dasar mengoptimalkan pertumbuhan fisik yang cepat (growth spurt) dan kinerja otak untuk proses pembelajaran anak serta untuk aktivitas fisik yang tinggi,? ujar Spesialis Gizi Klinik sekaligus Guru Besar Universitas Andalas dan mantan Wakil Menteri dan Kebudayaan, Prof. Dr. Fasli Jalal Ph.D, SpGK dalam peluncuran Gerakan Nusantara Frisian Flag Indonesia di Komplek Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senayan Jakarta, Senin (27/5/2013).

Prof. Dr. Fasli Jalal mengatakan untuk menjalani proses pembelajaran yang disertai dengan aktivitas fisik yang tinggi seorang anak membutuhkan kalori yang cukup.

?Kebutuhan energi anak usia pra sekolah (4-6 tahun) sebesar 1.600 kalori dan anak usia sekolah dasar (7-12 tahun) berkisar antara 1.800-2.200 kalori.?

Karenanya, Prof. Dr. Fasli Jalal menganjurkan agar seorang anak harus mendapat asupan lengkap zat gizi makro dan zat gizi mikro dari aneka ragam makanan. Biasakan pula mereka untuk sarapan pagi, memilih jajanan yang sehat, dan minum susu setiap hari.

?Susu mengandung sekira 100 IU vitamin D per 200 ml dimana hal ini dapat memenuhi kecukupan vitamin D sebesar 25 persen per hari. Selain itu susu juga mengandung zat gizi makro, yaitu protein, karbohidrat dan lemak, serta zat gizi mikro seperti vitamin D dan mineral contohnya kalsium,"tegasnya.

Menurut Prof. Dr. Fasli Jalal, dengan energi yang didapatkan dari meminum susu, seorang anak dapat menjalani aktivitas harian dengan lancar.

?Energi yang didapat dari minum susu sebanyak dua gelas sehari yaitu sekira 300-400 kkal, sehingga dapat membantu anak untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari,"tutupnya. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment