Friday, May 24, 2013

Inikah Pemicu Risiko Diabetes?

Inikah Pemicu Risiko Diabetes?BEBERAPA obat yang biasa digunakan untuk melindungi kesehatan jantung ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Mau bukti?  
Hal ini seperti dikatakan dalam penelitian dari British Medical Journal. Penelitian yang melibatkan 1,5 juta orang ini menunjukkan statin dosis tinggi dapat meningkatkan risiko sebesar 22 % terkena diabetes.
 
Statin sendiri adalah jenis obat yang biasa diresepkan untuk menurunkan kadar dari kolesterol jahat dalam darah yang berguna mengurangi kemungkinan serangan jantung atau stroke. Namun, tim peneliti dari rumah sakit di Toronto mengatakan bahwa ada kontroversi seputar risiko diabetes dengan penggunaan jenis statin yang berbeda.
 
Para peneliti mengamati catatan medis dari 1,5 juta orang di atas usia 66 tahun, kemudian membandingkan kejadian diabetes di antara orang yang mengonsumsi jenis statin berbeda. Dalam laporannya, mereka mengatakan bahwa pasien yang diobati dengan atorvastatin, rosuvastatin, atau simvastatin berada pada peningkatan risiko diabetes baru dibandingkan yang diobati dengan pravastatin. Oleh karena itu, dokter harus mempertimbangkan pengobatan statin pada pasien.
 
Sementara itu dalam mengomentari penelitian tersebut, Prof Risto Huupponen dan Prof Jorma Viikari dari University of Turku di Finlandia mengatakan, "Secara keseluruhan manfaat dari statin masih jelas lebih besar dibandingkan mengakibatkan potensi risiko diabetes."
 
Namun, mereka juga mengatakan bahwa berbagai statin harus ditujukan pada pasien yang tepat. "Statin yang paling ampuh sebaiknya untuk pasien yang tidak merespons pada dosis tinggi, tetapi memiliki risiko penyakit kardiovaskular,? jelasnya, sebagaimana dilansir BBC.
 
Kemudian, Maureen Talbot dari British Heart Foundation mengatakan bahwa obat jenis statin dikonsumsi oleh jutaan orang di Inggris untuk melindungi mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung koroner. ?Meskipun penelitian tersebut menunjukkan penggunaan statin meningkatkan risiko diabetes pada orangtua, statin tetap dikonsumsi jutaan orang di Inggris untuk melindungi mereka dari penyakit jantung koroner,? tambahnya.
 
"Ada manfaat dan risiko dari semua obat-obatan yang dikonsumsi, sehingga jika Anda khawatir dan ragu, lebih baik mendiskusikan masalah Anda dengan dokter," tutupnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment