Wednesday, May 29, 2013

Ini Dia Penyebab Tiroid pada Anak

Ini Dia Penyebab Tiroid pada AnakANDA masih tidak percaya jika tiroid bisa diidap anak-anak? Ini dia penyebab sesungguhnya perlu Anda tahu?  
?Penyebab hipotiroid pada anak bisa karena cacat ketika berada dalam kandungan ibunya, sehingga pertumbuhan kelenjar tiroidnya tidak sempurna. Namun bisa juga karena si ibu ketika hamil mengalami hipotiroid,? tutur dr. Dina Garniasih, SpA (Paediatrics-Oncology Consultant) dalam seminar World Thyroid Day 2013 di Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center Siloam Hospital Semanggi, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2013.
 
Oleh karena itu, dalam seminar bertema Comprehensive-Integrated Health Talk on Thyroid Disease, dr. Dina menjelaskan bahwa seorang ibu hamil dan mengonsumsi obat anti-tiroid perlu memberikan informasi dan konsultasi ke dokter anaknya, karena sangat berbahaya bila terjadi kompikasi hipotiroid pada masa kehamilan.
 
?Komplikasi hipotiroid pada kehamilan dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, plasenta lepas, dan mengalami pendarahan,? jelasnya.
 
Selain itu, dr. Dina juga menyarankan agar memeriksakan kadar hormon tiroid dalam darah secara rutin, diukur dari usia dua hari pada semua bayi yang baru lahir untuk mendeteksi apakah bayi memiliki kelainan kelenjar tiroid.

Pengobatan hipotiroid sendiri salah satunya dilakukan melalui upaya penambahan hormon tiroid dengan synthroid atau levothyroxine yang berguna sebagai terapi pengganti untuk sekresi hormon yang dibentuk oleh kelenjar tiroid dalam tubuh.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment