Friday, May 31, 2013

Ingin Bebas Depresi? Jangan Malas Olahraga

Ingin Bebas Depresi? Jangan Malas OlahragaOLAHRAGA mendatangkan banyak manfaat. Selain menjadikan tubuh lebih bugar, manfaat lainnya ialah dapat meredakan depresi Anda.

Adapun hal ini seperti hasil penelitian Igor Marchetti yang dipublikasikan oleh Universitas
Ghent. Ia menjelaskan bahwa seorang yang rutin melakukan olahraga atau aktivitas yang mengeluarkan keringat dapat meredakan depresi. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan olahraga dapat  menyeimbangkan hormon antara endoktrin dan sistem saraf.

"Selain itu, penelitian telah menemukan aktivitas fisik secara teratur tampaknya dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri serta membuat suasana hati lebih tenang.

Ia menambahkan, dalam penelitian ini ditemukan responden yang sebenarnya sedang duduk dan tidak melakukan apa-apa cenderung suka mengalami depresi. Pasalnya, mereka terlalu memikirkan hal negatif untuk dirinya hingga menekan jiwanya secara psikologi. Tak hanya itu, saat seseorang ingin pergi tidur, kebanyakan responden lebih banyak menghabiskan untuk berpikir (menganalisis) diri sendiri, padahal hal itu menjadi awal seseorang mengalami depresi.

Terlepas dari kesimpulan penelitian itu, kini kebenaran makan dipertegas lagi dengan adanya hasil penelitian dari Universitas Texas, Amerika. Ditemukan bahwa seseorang yang mengalami depresi bekerja setelah melakukan treadmil atau stationary dapat meredakan depresinya sebesar 28 persen. Di mana khasiat itu dapat seorang rasakan bila melakukan olahraga selama 30 menit sampai 45 menit, dengan intensitas tiga sampai empat kali per pekan.

Sementara itu, untuk beberapa orang yang melakukan dua sampai tiga kali per pekan dengan waktu olahraga 20 sampai 30 menit, dapat meredakan depresi sebesar 16 persen. Demikian seperti dilansir Mens Health. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment