Friday, May 31, 2013

Depresi Sebabkan Ukuran Otak Menyusut Dua Persen

Depresi Sebabkan Ukuran Otak Menyusut Dua PersenBANYAK efek buruk dari seseorang mengalami depresi atau mengalami migrain. Salah satunya ialah membuat ukuran otak Anda menyusut sebanyak dua persen.

Hal ini sebagaimana penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal Neurology. Para peneliti menemukan seorang yang sering mengalami depresi atau sakit kepala migrain, rentan untuk mengalami penyusutan otak sebesar dua persen. Hal tersebut ditemukan peneliti dari 12 responden yang mengalami depresi dan sepuluh orang yang sakit kepala migrain. Setelah melewati proses observasi dan penelitian, akhirnya ditemukan bahwa rata-rata otak mereka menyusut sebesar dua persen.

Adapun mengenai hal itu, para peneliti membutuhkan penelitian lanjutan apakah penyusutan ini memengaruhi aktivitas harian seseorang.

"Meskipun sulit untuk menyangkal apakah migrain dan depresi dapat mempengaruhi performa berpikir Anda, penyusutan dua persen ini masih kami teliti lagi, apakah memang memiliki dampak buruk yang signifikan bagi kelancaran kegiatan sehari-hari," tutur Larus Gudmundsson, Ph D dari National Institute on Aging, selaku penulis utama penelitian ini.

Sementara itu, Anda dapat mencegah penyusutan otak itu dengan mengonsumsi asupan vitamin B12. Sebuah penelitian terbaru di Journal Neurology menemukan bahwa sebuah diet harian dengan mengonsumsi 2.4 mikrogram vitamin B12 cukup mencegah penyusutan otak. Kemudian, untuk mendapatkan manfaat vitamin itu, perhatian Anda bisa tujukan pada telur, daging, ikan dan susu.Demikian seperti dilansir Mens Health. (uky) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment