Monday, May 27, 2013

Cegah Tubuh Pendek? Ingatkan Anak Rajin Olahraga

Cegah Tubuh Pendek? Ingatkan Anak Rajin OlahragaSAAT anak tidak suka olahraga, sebaiknya Anda mencari solusi yang baik. Pasalnya, olahraga bisa membuat tulang lebih kuat dan mencegah tubuh pendek.  
Dalam peluncuran Gerakan Nusantara Frisian Flag Indonesia turut juga diperkenalkan Senam Nusantara yang dirancang dengan arahan dari residen Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Sophia Benedicta Hage. Senam Nusantara sendiri dimaksudkan agar anak-anak Indonesia berolahraga, sehingga tubuh mereka sehat, selain dari mengonsumsi makanan bergizi.
 
Menurut dr. Sophia, berolahraga dapat membuat paru-paru dan jantung menjadi sehat, juga otot dan tulang yang kuat, serta melatih fungsi paru-paru. Olahraga sendiri idealnya dilakukan di ruang terbuka sebelum pukul 10.00 WIB.
 
?Olahraga ini untuk mengoptimalkan pembentukan vitamin D dalam tubuh oleh sinar matahari,? tutur dr. Sophia Benedicta Hage dalam peluncuran Gerakan Nusantara Frisian Flag Indonesia di Kompleks Kementerian dan Kebudayaan RI, Senayan Jakarta, Senin (27/5/2013).
 
Selanjutnya, dr Sophia mengutarakan, olahraga yang dilakukan contohnya senam dengan iringan musik minimal 60 menit.


?Lakukan senam yang melibatkan pergerakan seluruh anggota tubuh selama minimal 60 menit sebanyak tujuh kali sepekan. Senam juga bisa dilakukan bersama teman-teman dengan mengikuti irama musik, sehingga mudah diingat gerakannya, serta anak-anak merasa senang melakukannya,? tambahnya.
 
Lebih lanjut, dr. Sophia menjelaskan bahwa kombinasi asupan kalsium, vitamin D, serta olahraga yang cukup bisa mengoptimalkan pertumbuhan tulang yang kuat. Selain itu, kombinasi dari ketiganya dapat mendukung growth spurt atau pertumbuhan fisik di usia sekolah dan mencegah stunting (tubuh pendek).
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment