Tuesday, May 28, 2013

Cara Efektif Cegah Keputihan si Kecil

Cara Efektif Cegah Keputihan si KecilANCAMAN keputihan ternyata juga menyerang anak-anak. Karenanya, cari tahu cara pencegahannya agar gangguan tersebut bisa diminimalisasi.

Anak-anak ternyata tak luput dari gangguan keputihan. Menjaga kebersihan alat genitalnya serta memilih celana berbahan lembut jadi hal yang perlu dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dipaparkan DR. dr Rini Sekartini, SpA(K) dari  UKK Tumbuh Kembang Anak IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

-Pencegahan dan pengobatannya meliputi kebersihan daerah sekitar kelamin dan dubur, hindari celana yang ketat dan lembap. Dan gunakanlah pakaian dalam dari bahan yang dapat menyerap keringat.

-Pengobatan bergantung dari penyebab yang bisa diketahui dari pemeriksaan oleh dokter.

-Hal lain yang perlu mendapat perhatian orangtua adalah meminta pada anak untuk tidak menahan apabila ingin buang air kecil akibat keasyikan bermain. Akibatnya, air kencing menetes sedikit-sedikit yang membuat daerah kemaluan rawan iritasi, lembap, dan gatal. Karena gatal, maka anak menggaruk daerah vagina dengan tangan yang kotor. Akibatnya, bibit penyakit di tangan pindah ke vagina dan menyebabkan keputihan.

-Dengan memahami gejala, penyebab, dan pencetus keputihan pada bayi dan anak, kejadian keputihan bisa dicegah agar tidak terulang. Jika ditemukan ada gejala, orangtua perlu segera membawa anaknya ke dokter agar bisa diketahui secara pasti penyebab keputihan.

-Jika bayi buang air besar, jangan hanya dibersihkan dengan menggunakan tisu atau kapas basah. Biasakanlah menggunakan air bersih yang mengalir dengan menggunakan sabun bayi. Setelah itu, keringkan dengan handuk. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment