Tuesday, May 28, 2013

Buah Hati Cacingan atau Tidak? Cek Dulu Fesesnya

Buah Hati Cacingan atau Tidak? Cek Dulu FesesnyaBERKISAR 60 persen orang Indonesia mengalami infeksi cacing. Kelompok umur terbanyak adalah usia 5 - 14 tahun. Namun, pada beberapa penelitian, tidak menutup kemungkinan cacingan itu terjadi pada usia di bawah 5 tahun - bahkan bisa terjadi pula pada usia 0 bulan hingga 1 tahun.

Bintari Rukmono, dkk (1962) menemukan infestasi cacing Ascaris pada bayi berumur 16 minggu, Melvin Hollander, dkk (1973) melaporkan satu kasus penderita cacing tambang (N.americanus) pada bayi laki-laki berumur 32 hari, sedangkan Budining W, dkk (1976) menemukan infestasi cacing Ascaris pada bayi laki-laki berumur 7 bulan, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Bahkan pernah ditemukan, dari 388 penderita yang dirawat di bangsal Bagian Ilmu Kesehatan Anak RS Dr.Pringadi dan Rumah Sakit PTP. IX Medan dari 5 April 1982 sampai dengan 31 Mei 1982, 175 penderita berumur kurang dari 1 tahun dan 213 penderita berumur 1 tahun ke atas, ternyata didapatkan telur Ascaris pada 2 bayi usia 3-6 bulan, 9 orang pada bayi usia 6-12 bulan dan temuan lain juga menyatakan adanya cacing tambang pada 1 bayi usia 6-12 bulan.

Perhatikan Kebersihan!

dr. Edy Jo, Sp.A(K) menerangkan, kejadian cacingan pada bayi usia 0 bulan hingga 1 tahun memang jarang terjadi, karena kemungkinan terjadinya cacingan adalah jika individu atau balita sudah kontak dengan tanah dan kebersihan lingkungan serta pribadi yang jelek.

Kebersihan pada bayi masihlah bergantung dari orangtua dan orang dewasa di sekitarnya. Berbeda dengan anak usia 5 - 12 tahun yang sudah mulai bermain dengan tanah, tanpa alas kaki dan kurang dapat menjaga kebersihan. Orangtua harus lebih peduli terhadap apa pun yang terjadi pada bayinya. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment