Monday, May 20, 2013

Begini Cara Tingkatkan Konsumsi Buah & Sayur

Begini Cara Tingkatkan Konsumsi Buah & SayurUNTUK meningkatkan konsumsi buah dan sayur-sayuran dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, dengan berkomunikasi lebih banyak dengan orangtua.  
Menurut para peneliti di Penn State, mahasiswa mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serta sering berolahraga setiap hari ketika mereka lebih banyak berkomunikasi dengan orangtua.


"Hanya sepertiga dari mahasiswa yang diet secara konsisten dari rekomendasi," jelas Meg Small, asosiasi penelitian The Promotion of Human Development, seperti dilansir Medicalnewstoday.
 
Meg Small menambahkan bahwa orangtua dapat memainkan peranan penting dalam mempengaruhi remaja membangun pola-pola perilaku yang dapat meningkatkan kesehatan jangka panjang mereka dan terhindar dari penyakit kronis.
 
Untuk mengujinya apakah komunikasi orangtua dapat mempengaruhi tingkat konsumsi buah dan sayuran, para peneliti merekrut 746 orang mahasiswa tahun pertama di sebuah universitas di AS. Para mahasiswa diminta mengisi survei dasar ditambah 14 survei harian, di dalamnya terdapat pertanyaan seputar berapa banyak waktu yang dihabiskan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan orangtua mereka.
 
Selain itu, survei juga mencakup pertanyaan mengenai seberapa sering, berapa lama para mahasiswa bekerja atau olahraga, serta berapa kali mereka memakan buah dan sayuran.
 
Setelah itu, tim menemukan bahwa ketika siswa berkomunikasi dengan orangtua mereka selama 30 menit atau lebih, sebanyak 14 persen kemungkinan mereka mengonsumsi buah dan sayuran dan 50 persen lebih kemungkinan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit. Hasil ini muncul dalam edisi terbaru Journal of Adolescent Health.
 
?Ini menunjukkan bahwa kemungkinan berkomunikasi dengan orangtua memiliki kedua efek langsung dan tidak langsung pada pola makan dan perilaku aktivitas fisik mahasiswa,? jelas Small.
 
Small juga menambahkan bahwa orangtua dapat mengingatkan mahasiswa untuk peduli terhadap dirinya. "Orangtua mungkin dapat secara langsung mengingatkan mahasiswa mengonsumsi berbagai makanan sehat dan terlibat dalam aktivitas fisik. Namun, secara tidak langsung, komunikasi juga dapat mengingatkan mahasiswa untuk peduli kesehatan dan kesejahteraan, serta memotivasi mereka merawat diri lebih baik,? ucap dia, menyimpulkan.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment