Friday, May 24, 2013

Aturan Main untuk si Pemakai Lensa Kontak

Aturan Main untuk si Pemakai Lensa KontakLENSA kontak pada umumnya digunakan untuk membantu penglihatan seseorang yang menderita rabun jauh atau dekat sehingga dapat melihat seperti orang normal. Namun, banyak dari sebagian orang yang mungkin lalai dalam memakai atau merawat lensa kontak miliknya sehingga mata akan lebih rentan terhadap infeksi.

Bila Anda pemakai lensa kontak, perhatikan hal-hal seperti yang dilansir Redorbit berikut ini agar mata terhindar dari infeksi :

Ketika menangani lensa Anda

Tentu langkah ini akan menyebabkan infeksi dan iritasi bagi mata Anda bila  tidak mencuci tangan saat menyentuh lensa kontak. Karenanya, biasakan mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak. Selain itu, biasakan  memotong kuku menjadi pendek sehingga tidak merobek atau menggores lensa. Jangan gunakan keran atau air liur untuk mencuci lensa Anda. Lebih lanjut, untuk menggunakan jenis lensa kontak yang sesuai tanyakan perawatan lensa kontak dan mata Anda kepada profesional.

Saat menggunakan lensa kontak terlalu lama

Jika memakai lensa kontak semalaman atau lebih lama daripada yang disarankan, hal tersebut akan meningkatkan risiko ulkus kornea yang dapat melukai kornea atau bahkan menyebabkan kebutaan.

Jangan asal menggunakan obat

Konsultasikan dengan professional mata Anda mengenai obat yang digunakan. Sebab, menggunakan pil KB dapat meningkatkan estrogen dan bisa membuat mata Anda lebih sensitif serta menurunkan produksi air mata sehingga membuat mata kering. Begitu pula penggunaan Antihistamin, obat untuk mengurangi alergi juga dapat mengeringkan mata anda. Selain itu, beberapa jenis obat jerawat dapat menyebabkan sensasi gatal dan mengiritasi mata.

Ketika mata terlalu kering

Banyak pemakai lensa kontak mengalami mata kering. Bahkan, kekeringan dapat menjadi lebih buruk dalam situasi tertentu, seperti ketika di pesawat terbang, dalam iklim kering, saat mengonsumsi antihistamin, atau setelah minum alkohol.  Oleh karena itu, Anda bisa membawa botol air mata buatan atau obat mata tetes dan pastikan untuk sering berkedip untuk menjaga mata tidak kering.

Saat memakai make up

Jangan biarkan riasan mata Anda seperti, mascara, eyeliner, eye shadow membuat mata Anda bengkak atau terinfeksi. Pilihlah maskara yang tahan air, pilih pelembab berbasis air hypoallergenic seperti losion dan krim foundation. Oleh karena itu, jika Anda hendak memakai lensa kontak, sebaiknya masukkan lensa kontak ke dalam tas sebelum merias wajah.

Ketika di salon

Ketika Anda menggunakan hairspray atau produk lainnya yang berbahan kimia saat di salon, berkediplah lebih sering untuk melindungi mata Anda. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment