Friday, May 31, 2013

Awas, Diet Salah Sebabkan Serangan Insomnia

Awas, Diet Salah Sebabkan Serangan Insomnia BANYAK orang kesulitan mengatasi insomnia yang mereka alami. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara terbaiknya ialah mengonsumsi makanan yang cukup dan menghindari alkohol.

Bermasalah dengan istirahat di malam hari yang membuat tubuh jadi kurang fit? Benahi saja pola makan Anda sehingga urusan tersebut tak lagi menjadi kendala. Berikut tipnya, seperti dilansir Mirror.

Hindari makanan berlemak

Tidak hanya akan mengacaukan diet, namun mengonsumsi makanan berlemak dalam jam malam adalah bencana. Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi makanan berlemak pada jam larut malam durasi tidurnya lebih sedikit daripada yang tidak makan makanan berlemak.

Jangan salah diet

Jika Anda makan kurang dari 1.200 kalori per hari, maka Anda bisa kehilangan nutrisi penting yang dapat memengaruhi tidur Anda. Seperti contohnya tingkat kalsium yang rendah dari susu dan magnesium yang ditemukkan dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan berkaitan dengan kurangnya waktu tidur Anda, karena keduanya merupakan relaksan alami.

Sementara itu, zat besi yang rendah dapat memicu gejala sindrom kaki gelisah yang berkedut sehingga gerakan kaki mengganggu tidur Anda. Kemudian, kekurangan vitamin B atau asam folat yang ditemukan dalam biji-bijian dan sayuran berdaun hijau, juga dapat menyebabkan insomnia.

Selain itu, orang-orang yang tidak mendapatkan vitamin C dalam buah dan sayuran atau selenium dari kacang-kacangan, daging dan ikan telah terbukti memiliki jam tidur yang lebih sedikit.

Oleh karena itu, ikuti diet yang sehat dengan buah bervariasi dan sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, kacang-kacangan, ikan dan daging merah tanpa lemak untuk memastikan penawaran yang baik dari nutrisi penting.

Jauhi minuman beralkohol

Awalnya minuman beralkohol menginduksi tidur Anda, tetapi jika Anda menikmati lebih dari satu atau dua gelas kecil, maka Anda akan berada dalam  malam yang terfragmentasi.

Satu studi baru menunjukkan alkohol meningkatkan gelombang lambat dari tidur nyenyak di babak pertama malam, tetapi meninigkatkan gangguan tidur di babak kedua sehingga memusnahkan semua manfaat sebelumnya.

Perhatikan kadar garam dalam makanan Anda

Makanan olahan seperti makanan siap saji, roti dan sup mengandung banyak sodium yang dapat mengganggu tidur dengan menaikkan tekanan darah dan dehidrasi Anda.

Minum banyak air

Penelitian menunjukkan lebih banyak Anda terhidrasi, maka semakin banyak jam tidur yang didapat, targetnya adalah untuk minum sekira enam sampai delapan gelas sehari. Tetapi, jika sering terbangun untuk pergi ke toilet, maka hindarilah cairan selama tiga jam sebelum tidur.

Hindari kopi

Orang sering berhenti minum kopi saat makan siang, tetapi percobaan menunjukkan bahwa kafein akan tetap ada dalam tubuh Anda hingga 12 jam. Menurut sebuah studi dalam Journal of Clinical Nursing mengatakan, menghindari kafein selama satu hari di sisi lain dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, bahkan cokelat dan teh yang mengandung theobromine stimulant telah terbukti mengganggu tidur dan sebaiknya dihindari.  (ind) (tty)

»

Alami Gangguan Tidur? Makan Pisang Saja

Alami Gangguan Tidur? Makan Pisang SajaINSOMNIA atau sulit tidur di malam hari banyak dialami orang. Untuk menghindari gangguan tersebut, cerdas mengatur porsi dan waktu makan jadi kuncinya.

Anda sulit tidur di malam hari atau tidak bisa merasakan tidur yang berkualitas? Mungkin salah satu penyebabnya adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Lalu bagaimana sebaiknya agar tidak susah tidur, berikut yang bisa Anda lakukan.

Makan dalam porsi kecil dan sering

Memiliki sesuatu yang bergizi setiap beberapa jam membantu tubuh dan otak menjaga keseimbangan yang tepat dari hormon dan neurotransmiter, daripada makan besar. Sementara itu, jika pergi tidur dengan perut lapar, kebutuhan biologis tubuh Anda akan mengirimkan sinyal untuk membuat Anda terjaga. Jadi, camilan kecil pun lebih baik daripada tidak.

Makan lebih awal

Mengonsumsi makanan besar dapat meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan Anda sehingga menyebabkan perut untuk mengeluarkan lebih banyak asam lambung dan membuat otot-otot usus bekerja lebih keras. Selain itu, hindari makan malam tiga jam sebelum tidur karena hal ini akan mengoptimalkan gula darah dan tingkat melatonin.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan makan terlalu dekat dengan waktu tidur atau sangat larut malam, mungkin membawa tubuh Anda ke dalam kebingungan dan menyebabkan makan berlebihan serta kenaikan berat badan.

Pilih pisang

Pisang adalah buah yang dikemas dengan kalium dan magnesium, serta nutrisi ganda sebagai relaksan otot yang alami. Selain itu, pisang mengandung asam amino triptofan yang menginduksi tidur yang akhirnya berubah menjadi serotonin dan melatonin di otak. Serotonin adalah bahan kimia alami yang menghadirkan relaksasi, sedangkan melatonin adalah hormon yang menghadirkan kantuk.

Makan malam kaya karbohidrat

Sebuah penelitian terbaru di University of Sydney, Australia, menemukan bahwa orang yang makan nasi sebelum tidur akan tertidur lebih cepat daripada mereka yang tidak makan. Contoh berasnya adalah beras kaya gula yang meningkatkan produksi triptofan, yaitu asam amino yang membuat Anda mengantuk. Selain itu, roti, pasta dan sereal dapat memiliki efek yang sama. (ind) (tty)

»

Pangkas Lemak, Jangan Lupakan Sarapan

Pangkas Lemak, Jangan Lupakan SarapanBANYAK orang kesulitan memangkas lemak karena ketidakdisiplinan dalam mengasup nutrisi hariannya. Padahal, dengan pengaturan nutrisi yang tepat, lemak pun dengan mudah susut.

Makanan sehat memiliki pengaruh penting dalam menyehatkan tubuh. Di luar itu, asupan sehat pun membantu lemak di tubuh tersingkir cepat. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir Trenz.az.

Jangan takut gemuk

Penting untuk mengetahui bahwa lemak tidak membuat Anda menjadi gemuk. Sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi lemak baik dan berkualitas jika ingin memmbentuk otot dan membakar lemak tubuh. Lemak baik memainkan sejumlah peran dalam metabolisme energi, penyimpanan dan penyerapan vitamin, dan produksi hormon untuk pembakaran lemak secara keseluruhan.

Makanan seperti daging merah, ikan, kcang-kacangan, alpukat, dan minyak seperti zaitun extra virgin, minyak kelapa dan minyak kenari adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lemak sehat yang memadai dalam diet Anda.

Namun Anda harus menghindari lemak yang berbahaya seperti terhidrogenasi dan lemak jahat seperti yang mungkin ditemukan di kue, biskuit, dan makanan olahan rendah lemak.

Bukan hanya tentang kalori yang masuk dan keluar

Kalori dari roti tdiak sama dengan 1.000 kalori dari ikan atau daging hewan lainnya,  jumlah kalori yang sama tetapi nutrisi dalam makanan sangat berbeda. Roti hampir tidak memiliki nilai gizi apa pun dan mengganggu hormon Anda sehingga menyebabkan penyimpanan lemak. Sedangkan, ikan dan daging berlimpah dengan nutrisi yang akan memungkinkan hormon seimbang dan banyak nutrisi untuk memicu tubuh

Tambahkan bumbu dan rempah-rempah

Antioksidan adalah komponen kunci dari menghilangan lemak, karena  membantu dalam penyerapan makanan secara keseluruhan. Selain itu,  antioksidan membantu untuk detoksifikasi tubuh kita. Antioksidan tersebut bisa kita dapat dari rempah-rempah dan bumbu masak.

Mulai hari dengan sarapan

Sarapan sangat penting untuk menjalani aktivitas selannjutnya. Anda harus memulai hari dengan protein, lemak dan sayuran. Pada awalnya mungkin ini tampak aneh, namun banyak orang yang mengonsumsi sereal tertentu di pagi hari malah menjadi gemuk. (ind) (tty)

»

Depresi Sebabkan Ukuran Otak Menyusut Dua Persen

Depresi Sebabkan Ukuran Otak Menyusut Dua PersenBANYAK efek buruk dari seseorang mengalami depresi atau mengalami migrain. Salah satunya ialah membuat ukuran otak Anda menyusut sebanyak dua persen.

Hal ini sebagaimana penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal Neurology. Para peneliti menemukan seorang yang sering mengalami depresi atau sakit kepala migrain, rentan untuk mengalami penyusutan otak sebesar dua persen. Hal tersebut ditemukan peneliti dari 12 responden yang mengalami depresi dan sepuluh orang yang sakit kepala migrain. Setelah melewati proses observasi dan penelitian, akhirnya ditemukan bahwa rata-rata otak mereka menyusut sebesar dua persen.

Adapun mengenai hal itu, para peneliti membutuhkan penelitian lanjutan apakah penyusutan ini memengaruhi aktivitas harian seseorang.

"Meskipun sulit untuk menyangkal apakah migrain dan depresi dapat mempengaruhi performa berpikir Anda, penyusutan dua persen ini masih kami teliti lagi, apakah memang memiliki dampak buruk yang signifikan bagi kelancaran kegiatan sehari-hari," tutur Larus Gudmundsson, Ph D dari National Institute on Aging, selaku penulis utama penelitian ini.

Sementara itu, Anda dapat mencegah penyusutan otak itu dengan mengonsumsi asupan vitamin B12. Sebuah penelitian terbaru di Journal Neurology menemukan bahwa sebuah diet harian dengan mengonsumsi 2.4 mikrogram vitamin B12 cukup mencegah penyusutan otak. Kemudian, untuk mendapatkan manfaat vitamin itu, perhatian Anda bisa tujukan pada telur, daging, ikan dan susu.Demikian seperti dilansir Mens Health. (uky) (tty)

»

Tiga Kunci Penting Bikin Lemak Cepat Susut

Tiga Kunci Penting Bikin Lemak Cepat SusutBERMASALAH dengan lemak yang tak lagi menciptakan kenyamanan di tubuh Anda? Atur kembali nutrisi Anda sehingga bentuk tubuh pun lebih bersahabat.

Ketika Anda memulai latihan kebugaran dan rencana mengkomposisi tubuh, aturan yang paling penting adalah harus menempatkan nutrisi sebelum pelatihan Anda. Anda harus menyadari bahwa apa yang anda konsumsi secara langsung memengaruhi bagaimana tubuh membakar lemak. Agar mendapatkan hasil latihan yang sesuai dengan keinginan berikut penjelasannya.

Kuncinya adalah air

Tubuh kita terbuat dari 85 % air dan otak kita juga terdiri dari air, sedangkan otot-otot 70-75 % dan lemak tubuh hanya sekira 10 %. Hal ini menunjukkan pentingnya kebutuhan tubuh kita akan air. Untuk itu menjaga tubuh kita bersih dari dalam sangat penting untuk meghilangkan lemak, dan hal ini menunjukkan mengapa minum air bersih adalah proses penitng dalam menjaga kesehatan internal.

Sayuran itu penting

Jika ingin hasil yang diinginkan sayuran merupakan faktor utama dalam diet Anda sehingga harus disertakan setiap kali makan. Oleh karena itu, sayuran hijau harus mencakup setengah dari piring Anda saat sarapan, makan siang dan makan malam. Namun jika Anda tidak bisa menyertakan sayuran hijau ke dalam sarapan, maka Anda cukup memblender ½ perasan lemon, ¼ mentimun, bayam, satu sendok bubuk detoks hijau yang dicampur 400 ml air.

Untuk menyamai jumlah kandungan karbohidrat dalam satu kesatuan, Anda hanya harus makan sekira setengah kilo sayuran hijau. Sekarang Anda menyadari betapa menguntungkan mengganti karbohidrat dengan sayuran untuk menghilangkan lemak.

Lakukan diet protein

Protein adalah kunci untuk tubuh yang lebih baik. Melakukan diet protein artinya Anda akan sedikit lebih lapar dan makan lebih sedikit, namun karena hal itu hasilnya adalah lemak yang berkurang. Namun Anda harus makan protein yang berkualitas tinggi dari daging hewan, khususnya ikan dan telur, seperti dilansir Trend.az. (ind) (tty)

»

Ingin Bebas Depresi? Jangan Malas Olahraga

Ingin Bebas Depresi? Jangan Malas OlahragaOLAHRAGA mendatangkan banyak manfaat. Selain menjadikan tubuh lebih bugar, manfaat lainnya ialah dapat meredakan depresi Anda.

Adapun hal ini seperti hasil penelitian Igor Marchetti yang dipublikasikan oleh Universitas
Ghent. Ia menjelaskan bahwa seorang yang rutin melakukan olahraga atau aktivitas yang mengeluarkan keringat dapat meredakan depresi. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan olahraga dapat  menyeimbangkan hormon antara endoktrin dan sistem saraf.

"Selain itu, penelitian telah menemukan aktivitas fisik secara teratur tampaknya dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri serta membuat suasana hati lebih tenang.

Ia menambahkan, dalam penelitian ini ditemukan responden yang sebenarnya sedang duduk dan tidak melakukan apa-apa cenderung suka mengalami depresi. Pasalnya, mereka terlalu memikirkan hal negatif untuk dirinya hingga menekan jiwanya secara psikologi. Tak hanya itu, saat seseorang ingin pergi tidur, kebanyakan responden lebih banyak menghabiskan untuk berpikir (menganalisis) diri sendiri, padahal hal itu menjadi awal seseorang mengalami depresi.

Terlepas dari kesimpulan penelitian itu, kini kebenaran makan dipertegas lagi dengan adanya hasil penelitian dari Universitas Texas, Amerika. Ditemukan bahwa seseorang yang mengalami depresi bekerja setelah melakukan treadmil atau stationary dapat meredakan depresinya sebesar 28 persen. Di mana khasiat itu dapat seorang rasakan bila melakukan olahraga selama 30 menit sampai 45 menit, dengan intensitas tiga sampai empat kali per pekan.

Sementara itu, untuk beberapa orang yang melakukan dua sampai tiga kali per pekan dengan waktu olahraga 20 sampai 30 menit, dapat meredakan depresi sebesar 16 persen. Demikian seperti dilansir Mens Health. (ind) (tty)

»

Thursday, May 30, 2013

Dua Obat Baru untuk Penderita Melanoma

Dua Obat Baru untuk Penderita MelanomaDUA jenis obat baru GlaxoSmithKline (GSK), Tafinlar (dabrafenib) dan Mekinist (trametinib) telah disetujui US Food and Drug Administration (FDA) untuk pengobatan pasien dengan melanoma tingkat lanjut.

Melanoma adalah bentuk paling berbahaya dari kanker kulit dan menjadi penyebab kematian dari penyakit kulit. Menurut National Cancer Institute, sekira 76.690 orang di Amerika Serikat bakal didiagnosa melanoma pada tahun 2013 ini, dan sekira 9.480 orang berisiko meninggal akibat penyakit tersebut.

Para ahli memerkirakan bahwa 50 % dari melanoma muncul di kulit yang memiliki mutasi gen BRAF. Namun kini pasien dengan melanoma yang tumornya menunjukkan mutasi gen BRAF V600E dapat menggunakan obat Tafinlar yang disetujui yaitu inhibitor BRAF. Sementara pasien yang tumornya menunjukkan BRAF V600E atau mutasi gen V600K dapat menggunakan jenis obat Mekinist, inhibitor MEK.

?Kemajuan dalam pemahaman kita tentang jalur biologis penyakit telah memungkinkan untuk pengembangan Tafinlar dan Mekinist, yaitu obat ketiga dan keempat yang telah disetujui FDA untuk mengobati melanoma metastatik dalam dua tahun terakhir,? ujar Richard Pazdur, M.D, direktur dari kantor Hermatology and Oncology Products di FDA Center for Drug Evaluation and Research yang dilansir Medicalnewstoday.

Sebelumnya pada tahun 2011, jenis obat Zelboraf (vemurafenib) dan Yervoy (ipilimumab) lebih dulu disetujui oleh FDA untuk mengobati metastasis atau melanoma yang tidak dapat dihilangkan dengan pembedahan (operasi). (ind) (tty)

»

Food Combining Bikin Cici Panda Lebih Sehat

Food Combining Bikin Cici Panda Lebih SehatMENDAPATKAN tubuh sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti yang dilakukan Cici Panda.

Presenter berwajah Oriental ini rupanya menerapkan food combining dalam kesehariannya. Dituturkannya, pola tersebut merupakan cara untuk menyehatkan tubuhnya.

"Kebetulan saya orang yang mempunyai pandangan, you are what you eat. Pokoknya apa yang kita rawat di dalam akan long lasting dibanding kita treatment dari luar. Jadi saya sebisa mungkin mengonsumsi makan-makanan sehat yakni dengan food combining dimana inti dari pengelolaan makan ini ialah memisahkan karbohidrat dengan asupan protein. Jadi kalau makan karbohidrat pasangannya dengan sayuran, tapi kalau protein harus dengan sayuran. Cara ini sih yang membuat tubuh saya terus bugar, "ujarnya saat diwawancarai Okezone dalam acara yang bertema Make it Happen; Buku Pintar Rencana Keuangan untuk Mewujudkan Mimpi, di Plaza Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

Setelah terbiasa mengonsumsi makanan sehat, tambah Cici, upayakan memakan buah-buahan sebelum aktivitas dan juga disela-sela rutinitas harian Anda. Alasannya, selain bisa melindungi dari serangan penyakit, makan buah dapat memberikan energi tambahan untuk kelancaran aktivitas Anda.

Selain itu, usahakanlah menghindari minuman dalam botol kemasan. Pasalnya kandungan di dalamnya banyak memberikan efek negatif jangka panjangdibanding kenikmatan sesaat yang dirasakan.

"Walau susah ya, saya sebisa mungkin untuk tidak menyetok minuman kemasan di lemari es dan juga menghindari meminum botol kemasan.  Sebab zat pewarna dan pemanis dalam minuman menganggu kesehatan tubuh nantinya," terang presenter kocak ini. (ind) (tty)

»

Cegah Batuk, Wajib Hindari Gorengan

Cegah Batuk, Wajib Hindari GorenganPANCAROBA telah lama diketahui membuat seorang mudah batuk dan flu. Untuk itu, menjauhi makanan tidak sehat dan selalu berolahraga jadi poin penting bagi seorang yang takut sakit. Hal ini rupanya diamini oleh Balqis Novrilla. Wanita yang dinobatkan Miss Persahabatan dalam kontes Miss Indonesia 2013 memberikan tip agar bisa terus fit di cuaca apa pun.
 
Menurutnya, menjauhi makanan yang berpotensi memudahkan Anda sakit harus dihindari, kemudian juga harus menyempatkan olahraga. Hal ini bertujuan sebagai pertahanan tubuh di segala kondisi, termasuk di musim pancaroba.
 
"Saya sendiri orang yang suka makan, tapi saya punya pengecualian, yaitu tidak untuk makanan berminyak. Apalagi di musim pancaroba ini, selain lemak akan menumpuk, sepengalaman saya bahwa goreng-gorengan memudahkan tenggorokan orang mengalami radang. Sehingga akhirnya muncul batuk," tuturnya saat berbincang dengan Okezone di Gedung HighEnd, Kebun Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2013).
 
Setelah mengonsumsi makanan sehat, sambung Balqis, usahakanlah berolahraga yang rutin. Tujuannya, meningkatkan daya tahan tubuh untuk melindungi dari serangan penyakit.
 
"Bila makanan goreng-gorengan di jalan sudah terlanjur masuk, tapi kalau Anda melakukan olahraga, potensi untuk sakit batuk akan sulit terjadi. Karenanya, olahraga memang penting untuk cuaca tidak bersahabat. Saya sendiri olahraga, tiga kali dalam seminggu dengan pergi ke gym," terang wanita berparas cantik ini.
 
Sementara itu, dia juga tidak memungkiri manfaat dari air mineral untuk tubuhnya. Menurutnya, asupan air yang cukup dapat membuat orang tidak mudah lelah. Sehingga membantunya untuk menjaga tubuh tidak mudah terdehidrasi di musim pancaroba ini.
 
"Pokoknya, minum air putih cukup perlu, agar tubuh tidak mudah terdehidrasi dan terhindar sakit. Saya saja kalau habis bangun tidur pagi langsung minum dua gelas air. Kemudian, di sela-sela aktivitas siang sampai malam pasti menyempatkan meminum sedikit-sedikit. Ya, setidaknya dua liter lebih saya mengonsumsi air minum dan itu cukup untuk membuat tubuh Anda tidak jauh dari sakit. Apalagi sekadar batuk dan pilek," tutupnya.
(tty)

»

Lakukan Ini, Dijamin Diare Sembuh

Lakukan Ini, Dijamin Diare SembuhMUSIM pancaroba seperti sekarang memengaruhi kondisi tubuh seseorang cepat sakit, diare salah satunya. Memberikan penanganan yang tepat lebih diutamakan agar masalah tersebut bisa teratasi dengan baik.  
Penyakit diare memang harus Anda waspadai, sebab hal ini tak jarang akan menggangu kelancaran rutinitas harian. Diare ialah buang air besar dengan bentuk cair lebih dari tiga kali dalam sehari. Sehingga dari proses pengeluaran cairan berkali-kali itu tubuh akan mengalami dehidrasi dan badan pun lemas.
 
Lantas, bagaimana cara untuk menyembuhkannya?
 
Ketika mengalami diare pada hari pertama, hindari untuk mengonsumsi makan selama sekira 24 jam. Tujuannya, agar perut menyelesaikan terlebih dahulu kotoran yang terinfeksi bakteri dalam pencernaan. Setelah itu, baru kemudian mulai mengonsumsi makanan yang memberikan energi seperti nasi, kentang, dan ayam yang baik meningkatkan katahanan tubuh. Di samping itu, konsumsilah makanan bertepung agar merekatkan tinja yang sebelumnya berbentuk cairan. Demikian seperti dilansir Livestrong.
 
Tidak sampai situ, seseorang yang mengalami diare harus banyak mengonsumsi air putih. Hal ini agar cairan tubuh yang keluar akibat dehidrasi dapat stabil lagi. Pada tahap ini penting dilakukan, sebab banyaknya mengonsumsi air minum berbanding lurus dengan cepatnya penyembuhan seseorang.
Sementara itu, hindari minuman yang mengandung gula, entah teh, minuman isotonik, soda, dan kafein. Pasalnya, semua jenis minuman itu hanya akan memperburuk diare Anda.
(tty)

»

Makan Yogurt Ampuh Turunkan Stres

Makan Yogurt Ampuh Turunkan StresBANYAK manfaat mengonsumsi yogurt, selain pencernaan terus sehat. Manfaat lainnya, dapat meredakan stres seseorang.  
Hal ini sebagaimana hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan Journal Gastroenterology. Peneliti menjelaskan bahwa seseorang yang mengonsumsi yogurt secara teratur dapat manfaat positif, yaitu menurunkan kecemasan atau stres. Hal ini karena manfaat prebiotik dalam yogurt dapat membantu relaksasi beberapa bagian dari otak seseorang.
 
Penelitian ini sendiri dilaksanakan selama empat pekan, di mana peneliti UCLA mengamati 36 wanita yang mengonsumsi yogurt secara teratur. Hasilnya, ditemukan bahwa mengonsumsi probiotik membantu mengurangi aktivitas di beberapa bagian otak, yang membantu suasana hati, kecemasan, dan stres. Sehingga dapat lebih menenangkan jiwa Anda. Demikian seperti dilansir Mens Health.
 
Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan yang sangat vital untuk kesehatan tubuh, seperti protein, kalsium, vitamin B hingga dapat melindungi pencernaan Anda dari bakteri dan virus. Tentu ini kabar baik untuk melindungi dari penyakit infeksi (diare, batuk, flu, dan demam berdarah saat pancaroba seperti ini).
 
Dengan demikian, kini tidak ada salahnya yogurt ada dalam lemari es Anda. Sebab, manfaatnya sudah terbukti menyehatkan tubuh dan membuat jiwa Anda jauh lebih tenang.
(tty)

»

Wednesday, May 29, 2013

Ini Dia Penyebab Tiroid pada Anak

Ini Dia Penyebab Tiroid pada AnakANDA masih tidak percaya jika tiroid bisa diidap anak-anak? Ini dia penyebab sesungguhnya perlu Anda tahu?  
?Penyebab hipotiroid pada anak bisa karena cacat ketika berada dalam kandungan ibunya, sehingga pertumbuhan kelenjar tiroidnya tidak sempurna. Namun bisa juga karena si ibu ketika hamil mengalami hipotiroid,? tutur dr. Dina Garniasih, SpA (Paediatrics-Oncology Consultant) dalam seminar World Thyroid Day 2013 di Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center Siloam Hospital Semanggi, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2013.
 
Oleh karena itu, dalam seminar bertema Comprehensive-Integrated Health Talk on Thyroid Disease, dr. Dina menjelaskan bahwa seorang ibu hamil dan mengonsumsi obat anti-tiroid perlu memberikan informasi dan konsultasi ke dokter anaknya, karena sangat berbahaya bila terjadi kompikasi hipotiroid pada masa kehamilan.
 
?Komplikasi hipotiroid pada kehamilan dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, plasenta lepas, dan mengalami pendarahan,? jelasnya.
 
Selain itu, dr. Dina juga menyarankan agar memeriksakan kadar hormon tiroid dalam darah secara rutin, diukur dari usia dua hari pada semua bayi yang baru lahir untuk mendeteksi apakah bayi memiliki kelainan kelenjar tiroid.

Pengobatan hipotiroid sendiri salah satunya dilakukan melalui upaya penambahan hormon tiroid dengan synthroid atau levothyroxine yang berguna sebagai terapi pengganti untuk sekresi hormon yang dibentuk oleh kelenjar tiroid dalam tubuh.
(tty)

»

Hah, Anak-Anak Bisa Kena Tiroid

Hah, Anak-Anak Bisa Kena TiroidTIROID tidak hanya menimpa orang dewasa. Ternyata, anak-anak pun bisa menjadi target dari penyakit ini.
?Kelainan kelenjar tiroid yang timbul pada anak sangat penting untuk diketahui sesegera mungkin. Hal ini bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak,? tutur dr. Dina Garniasih, SpA (Paediatrics-Oncology Consultant) dalam seminar World Thyroid Day 2013 di Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center Siloam Hospital Semanggi, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2013.

Dalam seminar bertema Comprehensive Integrated Health Talk on Thyroid Disease, dr. Dina menjelaskan mengenai gangguan atau kelainan tiroid pada anak, di antaranya hipotiroidisme, hypertiroidisme dan kanker kelenjar tiroid. Namun, kanker tiroid pada anak jarang terjadi, hanya 1,5% pada anak di bawah usia 15 tahun.

?Kelenjar hipotiroid terjadi jika kelenjar tiroid tidak mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan hormon tiroid. Hipotiroid pada anak yang tidak segera diobati bisa menyebabkan cacat mental dan tubuh anak itu akan tumbuh kerdil,? lanjut dr. Dina.

Sedangkan hipertiroid pada anak, menurut dr. Dina, terjadi karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif dan ditandai dengan kelebihan produksi dan sekresi hormon tiroid tiroksin (T4). Gejala hipertiroid sendiri akan lebih jelas terlihat setelah bayi berumur 6-12 pekan.

?Kelainan yang mungkin dijumpai adalah kelenjar gondok yang membesar, berat badan tidak bertambah, muntah dan diare, lalu mata yang menonjol keluar, serta denyut jantung menjadi cepat,? tutupnya. (tty)

»

Kenali Tiroid Lebih Detail

Kenali Tiroid Lebih DetailTIDAK banyak orang mengetahui apa dan bagaimana tiroid bisa dialami oleh seseorang. Agar penyakit ini tidak menimpa Anda, sebaiknya simak penjelasan berikut. 

Lalu, apa sebenarnya tiroid? "Tiroid merupakan kelenjar berukuran besar dan terletak di dalam leher, menempel pada trakea di bawah laring," tutur dr. Dina Garniasih, SpA (Paediatrics-Oncology Consultant) dalam seminar World Thyroid Day 2013 di Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2013.

Dalam seminar bertema Comprehensive-Integrated Health Talk on Thyroid Disease, dr. Dina menjelaskan bahwa fungsi kelenjar tiroid adalah menghasilkan hormon tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3). Kedua hormon tersebut akan mempengaruhi proses metabolisme di dalam tubuh, kemudian membantu proses dari produksi panas tubuh dan oksidasi sel-sel tubuh, serta mempengaruhi proses pertumbuhan fisik dan perkembangan mental.
Selanjutnya Dr. Dina menjelaskan cara kerja kelenjar tiroid terbagi menjadi dua, Hipotamus yaitu Thyrotropin-Releasing Hormone (TRH) yang menyebabkan kelenjar hipofisa mengeluarkan Thyroid-Stimulating Hormone (TSH), kemudian TSH merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid (T3 dan T4).
Sementara itu, beberapa kelainan yang menyerang kelenjar tiroid juga menyebabkan pembesaran kelenjar (goiter atau gondok). Gondok bisa timbul jika kelenjar tiroid kurang aktif atau terlalu aktif. Goiter sendiri adalah pembengkakan pada leher karena pembesaran kelenjar tiroid.
(tty)

»

Batuk & Flu Tak Kunjung Sembuh? Obat Sesungguhnya Ini

Batuk & Flu Tak Kunjung Sembuh? Obat Sesungguhnya IniBATUK dan flu sering kali muncul saat musim pancaroba tiba. Dengan mengonsumsi asupan yang sehat dan tidur yang cukup, keluhan Anda pun bisa sembuh seketika.  
Musim pancaroba memang harus diwaspadai, sebab akan mengubah daya tahan tubuh seseorang jadi menurun. Sehingga tak jarang, orang terkena penyakit infeksi yang umumnya terjadi, yakni batuk dan flu.
 
Lantas, bagaimana cara menghindari batuk dan flu yang membandel?
 
"Pertama konsumsi makanan sehat, khususnya fokus pada protein dan vitamin C. Sebab, kedua vitamin itu dapat membuat sistem ketahanan tubuh orang meningkat. Ini sendiri sebagai perlawanan bakteri yang sudah masuk ke dalam tubuh. Tapi kalau bisa mendekati makanan empat sehat lima sempurna dulu, saat awal mengalami batuk-pilek agar cepat reda," tutur  Emilia E. Achmadi MS., RD dalam acara bertema Peluncuran MYTEA; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan, Jakarta Jakarta, belum lama ini.
 
Setelah konsumsi makanan sehat, sambung Emil, minumlah air putih yang banyak. Tujuannya, efek dehidrasi atau cairan tubuh yang keluar melalui flu bisa stabil lagi. Namun terpenting dari minum air mineral agar suhu dalam tubuh bisa cepat menyesuaikan suhu kondisi lingkungan. Sehingga flu dapat perlahan mereda dan batuk-batuk yang merupakan efek infeksinya mulai berkurang.
 
Selanjutnya, dia menambahkan bahwa tidur cukup ialah kunci penting penyembuhan infeksi batuk dan flu. Alasannya, hanya lewat tidur proses detoksifikasi virus atau bakteri batuk dan flu dihancurkan. Hal ini tidak bisa ditawar lagi, penyakit batuk dan influenza bisa sembuh jika mempunyai kebiasaan tidur cukup.
 
"Proses recovery (pemulihan) itu terjadi saat Anda tidur. Di mana recovery ini terkait penghancuran bakteri dan virus batuk-pilek ataupun recovery stamina seseorang. Jadi, mau tidak mau semua orang yang mengalami batuk-pilek harus tidur yang cukup. Tidak usah memikirkan sembuhnya dulu, tapi pikirkan saja tidur Anda cukup. Bila Anda sudah tidur cukup, keluhan penyakit akan hilang dengan sendirinya,? terang wanita pecinta teh ini.
(tty)

»

Konsumsi Makanan Pedas, Lemak pun Cepat Susut

Konsumsi Makanan Pedas, Lemak pun Cepat SusutMUSIM kemarau ternyata membawa berkah tersendiri bagi Anda yang memiliki kelebihan lemak. Pasalnya, cuaca panas yang Anda rasakan justru memberikan efek positif bagi diet Anda.

Cuaca panas diketahui membuat metabolisme tubuh kerja dua kali sehingga para pelaku diet tidak perlu melakukan diet ketat lagi. Mereka hanya cukup membarenginya dengan mengonsumsi makanan berserat dan banyak minum air putih. Berikut trik lain yang bisa dicoba, seperti dilansir Foxnews.

Makan serat lebih banyak

Dalam cuaca panas, proses metabolisme tubuh akan dipacu dua kali bekerja. Karenanya, konsumsilah banyak serat seperti buah-buah dan sayuran untuk mencukupi asupan itu. Hal ini penting dalam proses pembuangan lemak, sebab ketika proses metabolisme cepat maka proses pengeluaran tinja pun lebih mudah. Secara tidak langsung, pembuangan lemak pun jadi lebih efektif. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi makanan serat, setidaknya memberikan 25 kalori per porsinya.

Banyak mengonsumsi air putih

Mengonsumsi banyak air putih penting bagi pelaku diet saat musim kemarau atau cuaca panas. Pasalnya bila kondisi tubuh terdehidrasi lebih capat akan membuat tubuh cepat lapar. Tentu ini akan berlawanan dengan tujuan Anda diet bila tergoda mengonsumsi makan nantinya. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda meletakkan sebotol air mineral di depan meja kerja, atau membawa sebotol air saat sedang berpergian.

Lebih banyak bergerak

Anda tidak perlu lari-larian untuk menyusutkan berat badan. Tapi fokuslah pada satu latihan yang membuat tubuh jadi ramping. Misalnya saja mengikuti kelas pilates, squat, yoga, olahraga angkat beban dan lain lain.

Mengonsumsi makanan pedas

Makanan pedas yang mengandung cabe merah dan jahe memiliki manfaat menggenjot metabolisme dalam tubuh. Alhasil, kalori dalam tubuh pun cepat terbakar, dan lemak jadi cepat menyusut. (ind) (tty)

»

Buah-buahan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Buah-buahan Peningkat Daya Tahan TubuhBANYAK asupan yang dapat menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba. Salah satunya ialah dengan mengasup buah yang mengandung vitamin C.

Hal ini karena buah vitamin C seperti jeruk, jambu dan pepaya dapat meningkatkan ketahanan tubuh seseorang. Dengan demikian, kondisi suhu tubuh akan selalu dapat menyesuaikan lingkungan meski cuaca sedang tak bersahabat.

"Jambu, jeruk, pepaya dan buah yang mempunyai kandungan vitamin C dimana mempunyai kelebihan memberikan kekuatan pertahanan tubuh untuk beradaptasi di tengah musim pancaroba. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan khasiat itu? Ya tinggal dibawa buah itu dalam aktivitas saja, kemudian mengonsumsinya di sela aktivitas atau setelah selesai makan menu makanan harian Anda," tutur Emilia E. Achmadi MS., RD seorang ahli gizi dan nutrisi kepada Okezone, dalam acara yang bertema Peluncuran MYTEA; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan, Jakarta, Selasa 28 Maret 2013.

Sejauh ini buah pepaya dikteahui lebih banyak vitamin C-nya dibanding jeruk. Sehingga, sambung Emil, akan lebih efektif bila memilih buah pepaya bagi seorang menginginkan terus sehat di musim pancaroba.

"Ini kalau kita berbicara imun sistem ( ketahanan tubuh) ya. Pepaya itu khasiatnya sangat luar biasa untuk dikonsumsi saat masa pancaroba seperti ini, sebab kandungan vitamin C-nya lebih banyak dibanding buah jeruk," terangnya. (ind) (tty)

»

Tip Bugar di Musim Pancaroba

Tip Bugar di Musim PancarobaMUSIM pancaroba memunculkan ancaman banyak penyakit infeksi. Untuk itu, mengetahui langkah preventif salah satu poin penting agar tidak membuat Anda jatuh sakit.

Hal ini seperti yang diutarakan oleh Emilia. E. Achmad, seorang ahli nutrisi dan gizi. Ia menjelaskan bahwa efek dari musim pancaroba itu akan memunculkan penyakit infeksi seperti batuk-pilek, diare, demam berdarah hingga juga gangguan berhubungan dengan pencernaan. Kondisi ini sendiri bisa terjadi dikarenakan efek pancaroba menuntut perubahan suhu dalam tubuh seseorang. Bila tidak bisa menyesuaikan, daya tahan tubuh pun menurun dan akhirnya tumbang.

Emil menganjurkan agar setiap orang bisa merawat kesehatannya dengan  mengonsumsi makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya mengonsumsi air putih dan juga buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

"Mengonsumsi air putih yang cukup, definitely meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Cara yang mudah tapi mempunyai banyak khasiat. Maka, inilah catatan pertama yang harus dilakukan seseorang bila seorang tidak mau jatuh sakit di musim pancaroba," ujarnya dalam acara yang bertemakan Peluncuran MYTEA; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan, Jakarta, Selasa 28 Maret 2013.

Setelah minum air putih cukup, sambung Emil, konsumsilah buah dan sayuran dalam menu harian Anda dimana kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur dapat meningkatkan ketahanan tubuh seseorang.

"Pokoknya usahakan mengonsumsi sayuran hijau dan buah mengandung vitamin C saat musim pancaroba ini. Sebab semua aneka kandungannya membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga setiap perubahan suhu dari cuaca yang terjadi di luar, tubuh Anda bisa cepat menyesuaikan," imbuhnya.

Ditambahkannya lagi, Anda juga bisa mengonsumsi susu secara rutin sebelum beraktivitas. Hal ini bertujuan untuk membentengi tubuh Anda dari perubahan suhu dari cuaca berubah secara drastis di luar. (ind) (tty)

»

Cegah Asma Kambuh, Steny Rutin Olahraga

Cegah Asma Kambuh, Steny Rutin OlahragaBELAKANGAN makin banyak saja pemicu pengidap asma seseorang kambuh. Namun, tidak usah cemas menghadapinya. Dengan rutin olahraga, tingkat kambuh asma pun bisa diminimalisasi.

Steny Agustaf,  MC dan Announcer yang sudah dikenal banyak orang ini pun secara rutin melakukan aktivitas fisik. Ia menjelaskan, olahraga seperti lari pagi penting untuk melancarkan peredaran darah seluruh tubuh. Apalagi, Steny sadar bahwa penyakit asma yang dimilikinya bisa kambuh kapan pun. Karenanya, melakukan tindakan preventif perlu dilakukan sejak dini.

"Debu, dingin dan polusi merupakan pemicu terbesar asma seseorang akan kambuh. Dan kemungkinan itu akan semakin bertambah bila Anda tinggal di perkotaan seperti Jakarta. Di samping itu kita tidak bisa terus mengandalkan inhealer untuk menyelesaikan masalah. Itulah awalnya pemikiran saya mencari jalan preventif, hingga akhirnya saya memilih olahraga dan melakukannya. Alhasil badan pun tidak mudah sakit, dan asma jarang kambuh," katanya kepada Okezone dalam acara yang bertemakan Peluncuran MYTEA; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan, Jakarta, Selasa 28 Maret 2013.

Steny menceritakan bahwa lari pagi penting untuk melancarkan pernapasannya. Ia sendiri melakukannya tiga kali seminggu yaitu di hari Selasa, Jum'at dan Minggu setiap pekannya. Dari aktivitas tersebut, ia merasakan kemungkinan asma muncul itu berkurang.

"Satu jam setengah cukup untuk bagi pengidap asma untuk olahraga. Tidak perlu, lari atau melakukannya dengan ngotot. Pelan-pelan saja, bila sudah letih atau tidak kuat, lakukan dengan berjalan. Kemudian lari lagi kalau sudah kuat, begitu saja. Singkatnya, kita harus mempunyai pikiran bahwa olahraga ini membuat sehat, jadi tidak perlu memaksakan badan atau dengan terus-terusan berlari," terangnya.

Sementara itu, ia menganjurkan untuk melakukan lari pagi. Selain sebagai relaksasi, olahraga ini lebih sehat dibanding lari pagi saat Car Free Day dimana masih tetap menyebarkan polusi.

"Menurut saya, Car Free Day tidak sepenuhnya bersih. Pasalnya sekalipun katanya free, toh busway masih bisa mondar-mandir, hingga polusi juga tetap menyebar dan terhirup banyak orang. Bahaya kan di sini," pungkasnya. (ind) (tty)

»

Vitamin C Ampuh Bunuh Sel Tuberculosis?

Vitamin C Ampuh Bunuh Sel Tuberculosis?BILA Anda menderita atau sedang mengalami tuberculosis, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membunuh sel Mycobacterium tuberculosis.

"Kami telah menemukan bahwa vitamin C dapat membunuh sel Mycobacterium tuberculosis, dan sebenarnya tidak hanya bekerja pada strain-MDR, tetapi benar-benar pada strain yang resistan terhadap obat juga,? ujar peneliti TB, William Jacobs bersama dengan Albert Einstein College of Medicine di Bronx sebagaimana yang dilansir Scientificamerican.

Jacob sendiri sedang memelajari apakah obat isoniazid TB tidak aktif oleh adanya asam amino tertentu, sistein yang dalam istilah kimia bertindak sebagai penyalur dengan menyumbang elektron.

?Jadi kami menambahkan ini dengan isoniazid yang diharapkan akan mendapatkan perlawanan. Dan  yang mengejutkan kami, hal itu benar-benar menyebabkan sterilisasi. Ini zat pereduksi yang sebenarnya disebabkan oleh radikal bebas," tandasnya.

Selanjutnya ia mengemukakan bahwa radikal bebas tersebut adalah yang membunuh TB. Kemudian ia melihat dalam kombinasi dengan isoniazid yang disterilkan, dan ternyata ketika hanya terdapat vitamin C saja, ia dan rekan-rekannya menemukan bahwa vitamin C dapat membunuh tuberculosis.

?Kami sudah mampu menunjukkan hal ini dalam sebuah percobaan di tabung reaksi, tetapi kami belum tahu apakah itu akan bekerja pada manusia. Namun, sebelum ada penelitian ini, Anda tidak akan pernah berpikir untuk mencobanya pada manusia,? tutupnya. (ind) (tty)

»

Tubuh Fit, Agni Favoritkan Makanan Fresh

Tubuh Fit, Agni Favoritkan Makanan FreshMAKANAN alami sudah lama diketahui efektif sebagai penunjang kesehatan seseorang. Untuk itu, tak jarang banyak yang mengonsumsinya demi kesehatan jangka panjang.

Hal ini rupanya juga dilakukan Agni pratistha. Dituturkannya bahwa mengonsumsi makanan fresh merupakan salah satu trik yang membuat tubuhnya selalu bugar.

"Mengonsumsi makanan sehat penting untuk menjaga tubuh saya terus fit. Makanan ini sendiri ialah yang natural atau bentuknya dalam bentuk asli, bukan dimasak. Misalkan saja sayur, kalau bisa kita mengonsumsinya dalam bentuk yang masih alami. Hal itu akan berdampak positif besar bagi tubuh. Kemudian juga ayam yang belum diolah. Namun, harus juga dicatat Anda semua harus sudah menjamini kehigienisannya, dan memang layak makan," tutur Agni Pratistha kepada Okezone dalam acara yang bertema Peluncuran Mytea; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan lt 11, Jakarta, Selasa 28 Mei 2013.

Agni menyarankan, tak perlu latah untuk langsung mengonsumsinya. Cobalah melakukannya di hari Sabtu dan Minggu untuk memulai kebiasaan hidup sehat.

"Mencoba melakukan gaya makan ini tidak perlu saat hari Senin. Sebab kesibukan pasti akan membuat semua orang sulit melakukannya. Tetapi cobalah hari Sabtu dan Minggu untuk coba memulainya. Dijamin badan pasti lebih enakan," terang wanita penyuka olahraga ini.

Selain itu, Agni-begitu biasanya disapa-menjelaskan bahwa olahraga juga jadi perisai seseorang agar tidak mudah sakit. Namun mengingat kaum kosmopolit terlalu sibuk sehingga sulit melakukan hal ini, maka bisa menggantinya dengan melakukan hal kecil yang memungkinkan kalori terbakar banyak.

"Tidak mesti pergi ke gym atau lari, bila memang aktivitas Anda sangat padat. Cukup selalu mengandalkan tangga dan menghindari lift, tidak mengandalkan kendaraan dalam jarak keperluan yang relatif dekat. Itulah yang saya kira, hal kecil tapi bisa menyehatkan tubuh" imbuhnya.

Tidak sampai situ, Anda juga harus membiasakan minum air putih sesuai dengan aktivitas Anda.  Apabila dalam aktivitas tinggi, konsumsilah air lebih banyak. Namun jika aktivitas Anda tidak terlalu menguras tenaga, dua liter air sehari relatif cukup.

Lalu, tak kalah penting juga untuk mengusahakan tidur cukup. Apalagi di perkotaan yang sudah jadi tantangan tersendiri. Singkatnya, kata Agni, sebisa mungkin untuk tidur minimal tujuh jam sehari.

"Terkait berapa jam tidur cukup itu, sebenarnya balik lagi ke pribadi masing-masing. Pasalnya tidak semua aktivitas dan tanggung jawab pekerjaan membuat perbedaan beberapa ukuran tidur yang cukup. Yang jelas, kita yang lebih mengenal diri kita sendiri, berapa seharusnya jam tidur cukup bagi tubuh kita,"pungkasnya. (ind) (tty)

»

Agni Pratistha Getol Ngemil Demi Sehat

Agni Pratistha Getol Ngemil Demi SehatPERUT yang dibiarkan kosong dapat menjadi pembuka masuknya penyakit. Untuk itu, mengisi asupan makanan secara teratur jadi hal yang wajib dilakukan.

Agni Pratistha, artis sekaligus pecinta gaya hidup hidup sehatini pun menjalankan kebiasaan tersebut. Hal ini dilakukan demi kesehatan tubuhnya.

Ia menjelaskan bahwa seseorang itu mudah sakit dikarenakan metabolisme dalam tubuhnya berhenti bekerja. Sementara untuk terus bekerja, harus ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Agar tidak terjadi kekosongan, Anda pun wajib ngemil agar perut tidak kosong.

"Ngemil buat saya cara ampuh menjaga kestabilan tubuh di kondisi apa pun, termasuk pancaroba seperti saat ini. Namun, camilan ini harus camilan yang sehat, misalnya buah-buahan. Di mobil, saya selalu ada satu kotak makanan yang berisi macam-macam buah-buahan seperti anggur, apel, stroberi, dan buah-buahan lainnya. Saya mengonsumsi ini untuk membantu menjaga ketahanan tubuh, yakni dengan menjaga metabolisme protein terus berkerja. Dan manfaatnya sudah saya rasakan, selalu ada energi untuk rutinitas harian saya," tuturnya kepada Okezone dalam acara yang bertemakan Peluncuran MYTEA; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan lt 11, Jakarta, Selasa 28 Maret 2013

Dia menambahkan bahwa mengonsumsi air putih yang cukup tidak kalah penting. Pasalnya, dehidrasi akan memudahkan penyakit masuk. Inilah yang harus jadi perhatian saat musim pancaroba ini.

"Pokoknya selain makan tidak boleh telat, mengonsumsi air putih yang cukup penting sekali. Sebab air putih dapat melindungi tubuh agar tidak terus dehidrasi. Di mana yang sama-sama kita tahu, kondisi itu memudahkan penyakit datang. Mengenai beberapa air minum yang cukup, Anda bisa mengacu pada aktivitas fisik harian Anda. Bila Anda banyak melakukan aktivitas fisik, tentu Anda harus mengonsumsi lebih banyak air putih," terangnya. (ind) (tty)

»

Tubuh Sehat, Wajib Konsumsi Makanan Berikut

Tubuh Sehat, Wajib Konsumsi Makanan BerikutMENGONSUMSI makanan yang bergizi sangat baik untuk tubuh, terlebih  bila sudah memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini dimana tubuh akan mudah terserang penyakit. Karenanya, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu Anda tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dilakukan dengan rutin berolahraga, tapi juga mengonsumsi makanan bergizi. Berikut beberapa asupan penting yang wajib dikonsumsi, seperti dilansir Express.

Alpukat

Alpukat mengandung tinggi serat. kalium, magnesium, dan vitamin E, juga merupakan sumber kaya glutathione, serta antioksidan yang menghambat lebih dari 30 karsinogen atau zat penyebab kanker. Alpukat juga dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal sehingga dapat berfungsi memperlambat pencernaan dan menjaga gula darah setelah makan.

Diet tinggi lemak yang baik dapat membalikkan resistensi insulin, dalam arti menstabilkan kadar gula darah dalam jangka panjang.

Kacang-kacangan

Brasil adalah sumber selenium yang mengatur tiroid, sehingga mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari kanker, penyakit Alzheimer, dan depresi.

Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahwa pria dengan asupan selenium tinggi, 60 % lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat. Makanan yang mengandung selenium contohnya, kacang almond, hazelnut atau kemiri serta kacang.

Almond kaya akan vitamin B dan E yang baik untuk kesehatan otak dan magnesium yang tahan penyakit. Sementara, hazelnut atau kemiri kaya akan vitamin E dan kacang mete penuh dengan zat besi.

Kacang adalah sumber serat yang baik dan arginin, asam amino yang membantu pembuluh darah untuk bersantai.

Tomat

Seperti cabai merah, tomat mengandung lycopene. Memasak tomat membuat lycopene lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap radikal bebas, juga membantu untuk menangkal kanker lambung, prostat dan kanker payudara, serta degenerasi kondisi mata terkait usia. Tomat juga mengandung penuh vitamin A, C dan E, serta rendah kalori.

Purple Berries

Berry mengandung flavenoids yang membantu memberantas radikal bebas dan anthocyanosides yang melindungi tubuh terhadap semua jenis kanker. Ekstrak blueberry juga telah terbukti untuk mencegah bakteri menular serta menempel pada dinding kandung kemih dan usus.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa ons bery dapat melawan penyakit serta menyediakan kebutuhan antioksidan Anda sehari-hari.

?Anda tidak harus mengonsumsi blueberry, bisa blackcurrant dan blackberry yang lebih murah. Bahkan bisa juga memilih blackberry liar yang tumbuh di seluruh temapt? ujar Angela Dowden seorang ahli gizi.

Brokoli

Walaupun semua sayuran dari keluarga brassica (misalnya kembang kol dan kubis) adalah sumber antioksidan yang baik, brokoli juga mengandung lutein yang membantu menunda perkembangan degenerasi makula terkait usia, yaitu penyebab utama gangguan penglihatan yang memengaruhi satu dari 10 orang di atas 60 tahun. (ind) (tty)

»

Yang Paling Bahayakan Kesuburan Anda

Yang Paling Bahayakan Kesuburan Anda   MEMPUNYAI anak pastilah menjadi idaman setiap pasangan yang sudah menikah. Namun, Anda juga harus memerhatikan kesuburan Anda biar impian menjadi kenyataan.  
Ya, berbagai cara dilakukan oleh pasangan untuk memiliki anak, terutama bagi mereka yang sudah bertahun-tahun menikah, tapi belum dikaruniai momongan. Mulai dari menjaga kesehatan dan kesuburan, rajin mengunjungi dokter, hingga melakukan inseminasi buatan.
 
Agar dapat memiliki anak, kesuburan menjadi faktor penting. Berikut beberapa hal yang dapat membahayakan kesuburan, seperti dilansir Cosmopolitan.
 
Seks tidak aman
 
Chlamydia adalah salah satu penyakit kelamin menular. Jika tidak diobati, penyakit yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis ini dapat menyebabkan radang panggul yang meninggalkan bekas luka parut pada saluran tuba, sehingga telur Anda tidak bisa sampai ke rahim. Para dokter di Kanada juga mengungkapkan ada bakteri gonore tidak dapat disembuhkan oleh banyak antibiotik. Disarankan agar Anda dan pasangan melakukan uji semua penyakit menular sebelum menikah.
 
Rokok
 
Setiap kali menghisap rokok, telur Anda mati lebih cepat. Bahkan, perokok dapat memulai masa menopause empat tahun lebih awal dibandingkan wanita bukan perokok. Selain itu, wanita perokok lebih rentan mengalami keguguran ketika hamil atau memiliki bayi dengan berat badan di bawah rata-rata. Jika Anda ingin punya anak, berhentilah merokok dari sekarang.
 
Berat badan
 
Hormon yang memberitahu ovarium Anda untuk mengeluarkan telur tersimpan dalam lemak tubuh. Bila Anda memiliki terlalu sedikit lemak, Anda mungkin tidak mengalami ovulasi sama sekali. Namun bila di tubuh Anda terdapat terlalu banyak lemak dan kelebihan insulin serta estrogen, hal tersebut dapat mengacaukan seluruh proses ovulasi.
 
Makanan tidak sehat
 
Sebuah studi yang dilakukan Universitas Harvard menemukan bahwa wanita yang mengikuti empat aturan makan ?terlepas dari berat badan mereka? memiliki kesuburan yang lebih baik dari wanita yang tidak mengonsumsi makanan sehat. Empat aturan tersebut adalah makan biji-bijian utuh (whole grains), jangan konsumsi makanan yang terbuat dari lemak trans, masak makanan dengan lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun dan makan asupan protein dari tanaman (biji dan kacang-kacangan) bukan binatang.
 
Bahan kimia
 
Ketika para ilmuwan mengamati tingkat BPA (bahan kimia mirip estrogen yang ditemukan di beberapa plastik dan kemasan makanan) dalam urin wanita yang menjalani IVF, mereka menemukan bahwa wanita yang dengan tingkat BPA tertinggi memiliki telur 24% lebih sedikit dibanding dengan tingkat BPA terendah.
(tty)

»

Tuesday, May 28, 2013

Cegah Kanker Kulit, Agni Rajin Pakai Topi

Cegah Kanker Kulit, Agni Rajin Pakai TopiTOPI tidak hanya berfungsi menghindari sinar UV, tapi juga menjauhkani kulit dari ancaman kanker kulit. Benarkah?

Hal ini pun rupanya menjadi kebiasaan Agni Pratistha, Putri Indonesia 2006. Ia menjelaskan bahwa topi merupakan perisai wajib baginya untuk menghindari sengat sinar matahari langsung ke wajahnya. Selain itu, ia pun rutin menggunakan sunblock sebagai bentuk proteksi terhadap kulit.

"Kalau pakai sunblock saat musim kemarau ini kayaknya tidak perlu ditanya lagi. Itu wajib. Namun untuk melindungi di daerah terbuka, seperti di wajah, saya suka memakai topi untuk melindunginya. Keduanya ini penting bagi saya untuk mencegah terjadinya kanker kulit," tuturnya kepada Okezone dalam acara yang bertemakan Peluncuran MYTEA; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan lt 11, Jakarta, Selasa 28 Maret 2013.

Di luar langkah preventif tersebut, wanita penyuka olahraga lari pagi mengaku juga melakukan perlindungan kulit dengan mengonsumsi makanan sehat yakni sup ayam kampung.

"Buat saya sejauh ini, makan chicken soup itu ngaruh untuk badan saya lebih stabil di cuaca panas. Dan makan soup ini, jangan bayangkan saya makan satu ekor ayam kampung ya. Sebab, yang makanan itu juga dimakan keluarga saya," pungkasnya sambil tersenyum. (ind) (tty)

»

Suplemen Omega 3 Efektif Kurangi Gejala Asma

Suplemen Omega 3 Efektif Kurangi Gejala AsmaBILA Anda senang berolahraga namun memiliki penyakit asma, mungkin sebaiknya perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung bahan omega 3. Pasalnya, omega 3 diketahui bisa meminimalisasi gejala asma.

Sebuah studi di Indiana University menemukan bahwa suplemen omega-3 efektif dalam mengurangi gejala asma yang disebabkan berolahraga. Suplemen tersebut secara signifikan meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi peradangan saluran nafas pada penderita asma yang menjalani latihan fisik.

Profesor di IU School of Public Health-Bloomington, Timothy Mickleborough mengatakan, penemuannya itu mirip dengan studi yang melibatkan minyak ikan, tetapi membutuhkan dosis yang lebih kecil dari suplemen. Dalam peneltian di Journal Respiratory Medicine ia menemukan peningkatan 59 persen dalam fungsi paru-paru setelah menguji saluran napas, dan pengurangan radang saluran napas, gejala asma dan penggunaan obat-obatan darurat.

?Tidak hanya mengurangi gejala yang akan membuat Anda merasa lebih baik, tetapi berpotensi meningkatkan kinerja atletik,? ujar Mickleborough sebagaimana yang dilansir Medicalxpress.

?Olahraga berat dapat memicu penyempitan saluran napas akut dan membuat seseorang sulit bernapas. Selain itu, gejala lain di antaranya termasuk batuk, pengetatan dada dan kelelahan yang berlebihan juga bisa teratasi. Kondisi ini biasanya 90 persen dimiliki oleh penderita asma, juga ditemukan 10 persen dari atlet professional, serta 10 persen dari populasi umum tanpa asma,? jelasnya lebih lanjut.

Penelitian dari Mickleborough adalah yang pertama menunjukkan bahwa omega-3 efektif dalam mengurangi peradangan saluran napas yang dialami oleh peserta yang didiagnosis asma dari penelitian.

Penelitian Mickleborough sendiri menggunakan Lyprinol / Omega XL  berisi PCSO-524 dikombinasikan dengan minyak zaitun dan vitamin E. PCSO-524, meliputi lima jenis lipid utama yaitu, ester sterol, sterol, lipid polar, trigliserida dan asam lemak bebas, termasuk asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA).

Sementara itu, penelitian sebelumnya melibatkan PCSO-524 dan efektif dalam mengobati osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan penyakit inflamasi usus. (ind) (tty)

»

Agni Pratistha Berbagi Tip Nyaman Saat Lari

Agni Pratistha Berbagi Tip Nyaman Saat LariOLAHRAGA lari menjadi aktivitas fisik yang murah meriah namun efektif bagi kesehatan. Tak heran, olahraga ini pun digemari banyak orang, termasuk Agni Pratistha.

Bagi Puteri Indonesia 2006, lari menjadi aktivitas rutin yang dilakukannya. Agar nyaman, ia pun selalu memersiapkan perlengkapan lari secara lengkap. Persiapan matang ini dilakukan agar olahraga yang dijalaninya tersebut berlangsung lancar.

"Menggunakan sepatu yang nyaman dan pas dikaki ialah kiat pertama Anda ingin lari pagi. Setelah itu juga mengonsumsi air putih yang banyak. Namun, hal ini tergantung jarak tempuh Anda berlari. Pokoknya semakin jauh jarak lari Anda, semakin banyak juga harus meminum air putih. Ini wajib agar cairan tubuh tetap terisi,"  ujarnya kepada Okezone dalam acara yang bertema Peluncuran Mytea; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan lt 11, Jakarta, Selasa 28 Mei 2013.

Setelah berolahraga, sambung Agni, lakukanlah proses relaksasi. Salah satu ritual yang bisa dilakukan ialah merendam kaki di air dingin dimana dapat membuat saraf-saraf mengendur dan kaki terasa segar.

Selain itu yang tak kalah pentingnya ialah membawa makanan yang mengandung karbohidrat dan kalium saat lari.

"Saya kalau tahu trek lari pagi sangat panjang, pasti saya akan membawa makanan penunjang olahraga. Semisal pisang untuk kekuatan tulang, makan -makanan karbohidrat untuk penyuplai energi tubuh. Ini penting agar lari pagi benar-benar menyehatkan, bukan malah setelah olahraga membuat Anda lemas, " imbuh wanita yang sering mengikuti kompetisi lari marathon di kawasan Asia ini. (ind) (tty)

»

Tak Mudah Sakit, Vino G. Bastian Selalu Bawa Camilan

Tak Mudah Sakit, Vino G. Bastian Selalu Bawa CamilanMUSIM pancaroba menjadi ancaman tersendiri bagi tubuh. Jika tak pintar-pintar menjaga pola hidup sehat, tubuh pun terancam sakit.

Namun semua hal tersebut bisa disiasati jika Anda melakukan gaya hidup sehat. Banyak minum air putih dan tak membiarkan perut kosong jadi kuncinya.

Rupanya, hal itu pula yang dilakukan Vino G. Bastian. Bintang film Srigala Terakhir itu mengatakan bahwa minum air putih yang cukup dapat membuat tubuh tidak mudah dehidrasi ketika cuaca sedang panas. Sementara untuk membarengi kesehatan tubuhnya, ia pun tak membiarkan perutnya lapar. Karenanya, kemana pun ia pergi selalu menenteng camilan.

"Bagi saya yang penting, perut tidak boleh kosong. Sebab penyakit mudah menyerang saat perut kita kosong. Karenanya, saya selalu mengonsumsi makanan serat atau berkarbohidrat untuk mengisi perut saya saat ada waktu luang. Makanan itu biasanya saya bawa ke tempat aktivitas harian, entah buah-buahan seperti apel yang mengandung serat, atau makanan karbohidrat  agar metabolisme (penyerapan nutrisi) protein tetap berkerja. Bahkan saya sering juga mengonsumsi sayur-sayuran," tuturnya kepada Okezone dalam acara yang bertemakan Peluncuran Mytea; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X), Jakarta, Selasa 28 Maret 2013.

Dia menambahkan bahwa mengonsumsi air putih saat cuaca panas menjadi cara terbaik agar tubuh tetap fit. Alasannya, minum air bermanfaat agar cairan dalam tubuh tetap terisi sehingga ia pun tidak mudah sakit.

"Air minum yang cukup sih, biasanya kalau cuaca di luar tiba-tiba panas. Soalnya cuaca panas pasti mudah membuat keringetan atau cairan dalam tubuh keluar. Dan itu harus diisi lagi agar badan tidak mudah lelah, simpel. Inilah sebabnya, saya juga suka membawa air mineral saat beraktivitas," terangnya. (ind) (tty)

»

Siasat Vino G Bastian Bugar Setiap Hari

Siasat Vino G Bastian Bugar Setiap HariBANYAK manfaat dari seseorang yang melakukan lari pagi. Salah satunya, membuat badan terus bugar.  
Hal ini rupanya diamini Vino G. Bastian, aktor peraih banyak penghargaan ini. Olahraga sudah menjadi agenda rutin dia, meski mempunyai rutinitas yang padat.
 
"Olahraga itu penunjang aktivitas saya. Dengan olahraga, badan jadi tidak mudah lelah. Ini penting bagi saya yang sering beraktivitas, meski sudah larut malam. Setidaknya dalam sepekan, saya dua atau tiga kali olahraga," tuturnya kepada Okezone dalam bertema Peluncuran Mytea; Teh Oolong dalam Kemasan Botol di F(X) Senayan, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2013.
 
Dia menambahkan, makanan sehat juga menunjang kesehatannya. Pasalnya, apa yang dimakan akan memengaruhi penampilan dan kesehatan tubuhnya.
 
"Sebisa mungkin saya menjauhi goreng-gorengan dan mengonsumsi makanan yang sehat. Misalnya, lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Hal ini saya lakukan untuk menjaga sekaligus melindungi tubuh dari semua penyakit," terangnya.
 
Tidak sampai disitu, ia mengaku dulu mengonsumsi buah dan sayur tidak seteratur sekarang.
 
Kebiasaan mengonsumsi buah dan sayur, kata Vino, lebih teratur sekarang, terlebih setelah menikah.
 
?Dulu, asal makan apa saja. Tapi setelah menikah, asupan buah dan sayur jauh lebih teratur saya konsumsi setiap hari. Entah buah apel, jeruk, dan jenis buah lainnya yang baik untuk menjaga stamina dan kesehatan,? tutupnya.
(tty)

»

Bayi Alami Cacingan, Jangan Sembarangan Beri Obat

Bayi Alami Cacingan, Jangan Sembarangan Beri ObatANCAMAN cacingan juga menghantui bayi. Karenanya, menjaga kebersihan bayi dan orangtua penting dilakukan.

Cacingan pada bayi bisa mengakibatkan berbagai dampak negatif. Lakukan tindakan preventif sejak dini agar cacingan bisa diatasi dengan tepat. Berikut paparannya, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Bisa Akibatkan Kebodohan

Meskipun jarang terjadi, bukan berarti orangtua bisa mengabaikan cacingan pada bayi, karena akibat atau efek yang terjadi akibat cacingan sangatlah luas.

Anak yang cacingan menjadi kurang gizi karena nutrisi makanannya diserap oleh cacing, sehingga bayi tersebut kehilangan kesempatan untuk memberikan nutrisi di tubuhnya pada usia golden periode-nya. Dampak efek jangka panjangnya, anak tersebut nantinya akan mengalami kebodohan.

Selain itu, cacingan yang diakibatkan oleh cacing tambang yang mengisap darah bisa menyebabkan bayi menjadi kekurangan darah atau anemia. Bayi atau anak seperti itu akan mengalami kekurangan darah.

Pada usia pertumbuhan bukan hanya nutrisi saja yang dibutuhkan, tetapi juga membutuhkan oksigen, dimana darah membawa oksigen untuk membantu perkembangan otak.

Jika bayi yang cacingan mengalami kekurangan darah, maka akan terjadi gangguan oksigenisasi dan gangguan pengiriman nutrisi ke jaringan tubuh, sehingga nantinya kemampuan otak anak menjadi jelek dan anak bisa mengalami kebodohan.

Cek Feses Bayi

Pencegahan cacingan pada anak-anak bisa dilakukan dengan memberikan obat cacing 6 bulan sekali. Namun pencegahan itu hanya disarankan untuk anak usia dua tahun ke atas, sedangkan pada anak di bawah dua tahun dan bayi 0-12 bulan tidaklah disarankan.

Pemberian obat pun haruslah dengan resep dokter, karena bayi masih rentan. Selain itu, pemberian obat cacing pada bayi juga harus ada bukti secara laboratorium jika memang bayi tersebut mengalami cacingan.

Hal yang bisa dilakukan orangtua untuk mengetahui apakah bayinya cacingan atau tidak adalah dengan mengecek feses bayi tersebut. Biasanya pemeriksaan feses disarankan jika memang didapatkan adanya indikasi bayi cacingan, yaitu bayi tersebut mengalami buang air besar, diare yang tidak kunjung sembuh atau pada bayi-bayi yang mengalami gagal tumbuh dengan berat badan yang tidak kunjung bertambah. 

Feses yang diperiksa adalah feses yang baru dikeluarkan atau yang dikeluarkan paling lama satu jam sebelum pemeriksaan laboratorium. Hal itu agar lebih cepat dideteksi adanya cacing atau larva cacing yang hidup.

Bukan Sembarang Obat

Mengingat bayi masih sangat rentan pada apa pun, maka orangtua tidak bisa sembarangan memberikan obat cacing pada bayi. Obat cacing pada bayi haruslah dengan resep dokter.

Ada dua jenis obat cacing yang efektif untuk mengatasi sebagian besar cacingan dan bisa diberikan pada bayi, yaitu obat pirental pamoat dengan dosis 10 mg/kg berat badan bayi dan obat yang lebih kuat yaitu albendazole atau mobendazole dengan dosis 10 mg/kg berat badan bayi yang diberikan dalam dosis tunggal atau sekali pemberian.

Cegah Cacingan

Pencegahan cacingan pada bayi sebenarnya bergantung pada orangtua dan orang-orang di sekitar bayi tersebut. Bukan hanya bayinya saja yang harus dijaga kebersihannya, melainkan orangtua dan orang lain di sekitarnya pun harus menjaga kebersihan, karena bayi dapat terkontaminasi dari orang di sekitarnya.

Selain kebersihan, pencegahan pada bayi bisa dilakukan dengan memakaikan bayi alas kaki dan menggunting kukunya secara rutin.

Sedangkan pada orangtua atau orang lain di sekitar bayi, agar bayi tidak terkontaminasi dengan kotoran atau tanah, maka harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan dirinya.
Misalnya, membersihkan tubuh atau mencuci tangan sebelum memegang bayi. Bagi Ibu yang akan memberikan ASI pada bayi, pastikan kebersihan payudara dan tangannya terjaga. Selalu mencuci tangan hingga bersih setelah buang air kecil atau besar, rajin menggunting kuku, tidak membuang kotoran manusia dan hewan sembarangan, mencuci tangan setelah berkebun atau bercocok tanam dan setelah memegang hewan atau dari peternakan, hindari memakan makanan yang mentah atau setengah matang. Apalagi jika di daerah yang sanitasinya tidak baik, cucilah sayuran yang akan diolah dengan air bersih dan mengalir dan minumlah obat cacing setiap 6 bulan sekali untuk mencegah cacingan. (ind) (tty)

»

Cara Efektif Cegah Keputihan si Kecil

Cara Efektif Cegah Keputihan si KecilANCAMAN keputihan ternyata juga menyerang anak-anak. Karenanya, cari tahu cara pencegahannya agar gangguan tersebut bisa diminimalisasi.

Anak-anak ternyata tak luput dari gangguan keputihan. Menjaga kebersihan alat genitalnya serta memilih celana berbahan lembut jadi hal yang perlu dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dipaparkan DR. dr Rini Sekartini, SpA(K) dari  UKK Tumbuh Kembang Anak IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

-Pencegahan dan pengobatannya meliputi kebersihan daerah sekitar kelamin dan dubur, hindari celana yang ketat dan lembap. Dan gunakanlah pakaian dalam dari bahan yang dapat menyerap keringat.

-Pengobatan bergantung dari penyebab yang bisa diketahui dari pemeriksaan oleh dokter.

-Hal lain yang perlu mendapat perhatian orangtua adalah meminta pada anak untuk tidak menahan apabila ingin buang air kecil akibat keasyikan bermain. Akibatnya, air kencing menetes sedikit-sedikit yang membuat daerah kemaluan rawan iritasi, lembap, dan gatal. Karena gatal, maka anak menggaruk daerah vagina dengan tangan yang kotor. Akibatnya, bibit penyakit di tangan pindah ke vagina dan menyebabkan keputihan.

-Dengan memahami gejala, penyebab, dan pencetus keputihan pada bayi dan anak, kejadian keputihan bisa dicegah agar tidak terulang. Jika ditemukan ada gejala, orangtua perlu segera membawa anaknya ke dokter agar bisa diketahui secara pasti penyebab keputihan.

-Jika bayi buang air besar, jangan hanya dibersihkan dengan menggunakan tisu atau kapas basah. Biasakanlah menggunakan air bersih yang mengalir dengan menggunakan sabun bayi. Setelah itu, keringkan dengan handuk. (ind) (tty)

»

Kenali Gejala Cacingan pada Bayi

Kenali Gejala Cacingan pada BayiBIASANYA, cacingan terjadi pada orang dewasa. Namun tidak jarang, cacingan pun menyerang bayi berusia 0 bulan-1 tahun.

Mengenali gejala cacingan pada bayi mungkin tidaklah mudah. Namun, Anda dapat menandainya dengan beberapa gejala yang ditimbulkan. dr. Edy Jo, Sp.A(K) menerangkan ada berbagai tanda dan gejala yang terjadi pada bayi yang mengalami cacingan dan itu hampir sama dengan anak-anak dan orang dewasa, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

-Bayi akan tampak lesu, lemah, lemas dan terlihat pucat atau mengalami anemia. Hal tersebut disebabkan cacing pada bayi yang bersifat parasit mengisap darah yang ada pada pembuluh darah bayi. Cacing yang mengisap darah tersebut adalah cacing tambang dan cacing cambuk.

-Ciri bayi cacingan yang sangat khas adalah berbadan kurus dan terlihat seperti bayi kurang gizi. Hal itu disebabkan adanya cacing ascaris yang menyerap nutrisi makanan. Ciri ini pun bisa dilihat dari grafik KMS (Kartu menuju Sehat) bayi yang kurang bagus atau didapatkan kekurangan gizi.

-Bayi rewel dan terlihat tidak nyaman. Kemungkinan besar penyebab ketidaknyamanan bayi terdapat pada duburnya atau terasa gatal namun tidak bisa menggaruknya. Dubur yang gatal bisa dijadikan salah satu gejala cacingan.

-Batuk berkepanjangan. Hal ini harus diwaspadai, karena dapat terjadi apabila cacing pada bayi telah menginfeksi paru-paru bayi, sehingga mengganggu sistem pernapasan bayi.

-Gangguan pada lambung dan saluran cerna, seperti diare dan susah buang air besar. Hal tersebut terjadi karena cacing pada bayi telah mengganggu metabolisme pencernaan bayi. (ind) (tty)

»

Buah Hati Cacingan atau Tidak? Cek Dulu Fesesnya

Buah Hati Cacingan atau Tidak? Cek Dulu FesesnyaBERKISAR 60 persen orang Indonesia mengalami infeksi cacing. Kelompok umur terbanyak adalah usia 5 - 14 tahun. Namun, pada beberapa penelitian, tidak menutup kemungkinan cacingan itu terjadi pada usia di bawah 5 tahun - bahkan bisa terjadi pula pada usia 0 bulan hingga 1 tahun.

Bintari Rukmono, dkk (1962) menemukan infestasi cacing Ascaris pada bayi berumur 16 minggu, Melvin Hollander, dkk (1973) melaporkan satu kasus penderita cacing tambang (N.americanus) pada bayi laki-laki berumur 32 hari, sedangkan Budining W, dkk (1976) menemukan infestasi cacing Ascaris pada bayi laki-laki berumur 7 bulan, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Bahkan pernah ditemukan, dari 388 penderita yang dirawat di bangsal Bagian Ilmu Kesehatan Anak RS Dr.Pringadi dan Rumah Sakit PTP. IX Medan dari 5 April 1982 sampai dengan 31 Mei 1982, 175 penderita berumur kurang dari 1 tahun dan 213 penderita berumur 1 tahun ke atas, ternyata didapatkan telur Ascaris pada 2 bayi usia 3-6 bulan, 9 orang pada bayi usia 6-12 bulan dan temuan lain juga menyatakan adanya cacing tambang pada 1 bayi usia 6-12 bulan.

Perhatikan Kebersihan!

dr. Edy Jo, Sp.A(K) menerangkan, kejadian cacingan pada bayi usia 0 bulan hingga 1 tahun memang jarang terjadi, karena kemungkinan terjadinya cacingan adalah jika individu atau balita sudah kontak dengan tanah dan kebersihan lingkungan serta pribadi yang jelek.

Kebersihan pada bayi masihlah bergantung dari orangtua dan orang dewasa di sekitarnya. Berbeda dengan anak usia 5 - 12 tahun yang sudah mulai bermain dengan tanah, tanpa alas kaki dan kurang dapat menjaga kebersihan. Orangtua harus lebih peduli terhadap apa pun yang terjadi pada bayinya. (ind) (tty)

»

Pasang Gigi Tiruan? Kenali Dulu Jenisnya

Pasang Gigi Tiruan? Kenali Dulu JenisnyaBILA Anda ingin memasang gigi tiruan untuk menggantikan gigi asli Anda, maka sebaiknya kenali lebih dulu beberapa jenis gigi tiruan yang ada. Dengan demikian, Anda dapat memilih yang tepat sesuai kebutuhan.

Pada umumnya, terdapat dua pilihan gigi tiruan yang disarankan oleh Prof. Dr. Lindawati. S Kusdhany, drg., Sp Pros (K) dalam acara GlaxoSmithKline Polident di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta pada Selasa (28/5/2013). Gigi tiruan tersebut di antaranya gigi tiruan cekat dan lepasan. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

-Kalau gigi tiruan cekat itu pastinya tidak bisa dibuka sendiri oleh pasiennya, karena disemen atau direkatkan langsung oleh dokter giginya dan tidak bisa dibuka lagi sendiri, contohnya adalah crown dan bridge.

-Crown atau gigi tiruan mahkota adalah restorasi yang menggantikan sebagian atau seluruh struktur gigi yang sudah rusak, misalnya karena adanya karies dan sebagainya.

-Bridge adalah gigi tiruan yang menggantikan kehilangan gigi tetapi ditambal oleh gigi-gigi asli yang masih ada di sebelah dari daerah yang kehilangan gigi, kemudian direkatkan bersama-sama dengan disemen, jadi sifatnya permanen.

-Gigi Tiruan Implan, yaitu ditanamkannya titanium yang berbentuk seperti akar gigi sedalam tulang rahang. Kemudian setelah titanium menyatu dengan tulang rahang baru diatasnya kita pasangkan gigi tiruan.

-Gigi Tiruan Sebagian Lepas, apabila hanya menggantikan kehilangan  sebagian gigi yang hilang, tidak seluruh gigi.

-Gigi Tiruan Penuh, apabila menggantikan seluruh gigi yang hilang dari rahang atas dan bawah, jadi kalau sudah tidak bergigi sama sekali, maka pilihannya adalah gigi tiruan penuh. (ind) (tty)

»

Usai Konsumsi Soda, Arletta Biasakan Anak Minum Air Putih

Usai Konsumsi Soda, Arletta Biasakan Anak Minum Air PutihMENJALANI kesibukkannya sebagai MC, mantan penyiar radio dan pembawa acara, Arletta Danisworo tidak pernah lupa mengingatkan putrinya, Athaya Thahirah Hardono (13 tahun) dan putranya, Shreshta Adyaksa Hardono (10 tahun) untuk menjaga kesehatan gigi. Seperti apa caranya?

Menyikat gigi merupakan agenda wajib yang perlu dilakukan orangtua dan anak-anak setiap hari. Selain untuk membersihkan gigi, ritual tersebut menjadi upaya untuk menjaga kesehatan gigi. Karenanya, membiasakan anak menyikat gigi setiap hari jadi hal wajib yang perlu dilakukan. Dan, hal inilah yang selalu dilakukan Arletta Danisworo pada buah hatinya.

?Kalau untuk berkumur, anak-anakku itu memang susah, tetapi yang pasti aku selalu mengingatkan kepada mereka untuk sikat gigi minimal dua kali dalam sehari,? ujar Arletta Danisworo kepada Okezone usai acara GlaxoSmithKline Polident di Pinang Bistro, Selasa (28/5/2013).

Dalam mengingatkan, Arletta selalu bertanya kepada anak-anaknya setiap pagi dan malam sebelum tidur agar keduanya tidak lupa menyikat gigi.

?Kalau untuk berkumur-kumur saya tidak terlalu memaksakan kepada mereka karena lebih untuk kesegaran, tetapi yang pasti adalah menyikat gigi,? tambahnya.

Namun yang tidak kalah pentingnya adalah Arletta selalu mengajarkan kepada kedua anaknya untuk meminum air putih dua kali lebih banyak setelah meminum soda.

?Mereka suka minum soda jadi minum air putihnya harus dua kali lipat lebih banyak, karena sepengetahuan saya air soda dapat mengurangi kalsium serta merusak gigi,"tutupnya. (ind) (tty)

»

Vagina Wangi & Keset dengan Bahan Alami

Vagina Wangi & Keset dengan Bahan AlamiMEMILIKI vagina wangi dan keset memang menjadi idaman setiap wanita. Jika Anda belum mengetahui caranya, simak cara berikut.  
Ini dia tip merawat vagina dengan bahan alami, sebagaimana diulas Genie.
 
Daun kemangi
 
Kandungan euganol yang terdapat pada daun kemangi memiliki kemampuan membunuh kuman dan jamur yang menjadi penyebab aroma tak sedap di vagina. Kemangi juga mengandung minyak atsiri yang memiliki kemampuan untuk mengharumkan vagina.

Untuk mencegah efek kering pada vagina, maka daun kemangi ini tidak dianjurkan digunakan sebagai sabun antiseptik yang langsung dibilas di vagina.
 
Daun kemangi ini sebaiknya dikonsumsi seperti halnya lalapan atau diolah menjadi minuman. Untuk membuat daun kemangi sebagai minuman, caranya ambil segenggam daun kemangi lalu dicuci bersih dengan air yang mengalir. Kemudian daun kemangi ditumbuk, lalu diperas dan disaring sambil diperas pada sehelai kain bersih.
 
Ambil airnya, lalu campurkan dengan satu sendok teh madu, ditambah dengan seujung kuku garam. Aduklah hingga rata lalu diminum. Minumlah air olahan daun kemangi ini rutin setiap pagi dan setelah Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
 
Konsumsilah air sari daun kemangi itu setiap dua pekan sekali. Namun meski bermanfaat mengatasi bau tak sedap pada vagina, daun kemangi ini juga menimbulkan efek negatif seperti linu dan pegal setelah mengonsumsinya dikarenakan adanya kandungan asam uratnya yang tinggi. Jadi jika Anda memiliki penyakit asam urat, sebaiknya menghindari daun kemangi.
 
Daun sirih
 
Sama halnya dengan daun kemangi, kandungan euganol yang terdapat pada daun sirih mampu membunuh kuman penyebab aroma tak sedap pada vagina. Tak hanya itu saja, kandungan zat antiseptik yang terdapat pada daun sirih mampu membunuh kuman penyebab aroma tak sedap pada vagina.

Selain itu, kandungan zat antiseptik yang terkandung di dalamnya juga bisa dimaanfatkan untuk membunuh kuman. Untuk mengolah daun sirih sebagai obat pewangi vagina, ambil 5-10 lembar daun sirih, cuci bersih, masukkan dalam panci berisi 350 cc air, lalu direbus hingga tersisa setengah panci. Diamkan sampai dingin, lalu basuhlah ke vagina setiap pagi dan sebelum tidur. Dengan rutin melakukan ini, vagina Anda akan selalu wangi dan keset. Jika telah memperoleh hasil yang diinginkan, maka cukup dilakukan tiga kali seminggu.
 
Daun pandan
 
Tak hanya berguna dalam pembuatn kue atau masakkan lain, daun pandan juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi bau tak sedap pada vagina. Daun pandan juga memiliki kandungan euganol dan minyak atsiri dan mampu membunuh kuman yang menyebabkan vagina beraroma tak sedap. Untuk mencegah efek kering di vagina, daun pandan tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai sabun antiseptik yang langsung dibasuh ke vagina. Sebaiknya daun pandan ini dapat dikonsumsi sebagai minuman. Caranya cukup mudah, ambil 10 lembar daun pandan, lalu dicuci bersih, tumbuk hingga halus dan disaring sambil diperas. Ambil sari airnya, lalu campurkan dengan satu sendok teh madu. Tambahkan garam seujung kuku agar rasanya lebih nikmat. Aduk hingga rata kemudian diminum. Diminum setiap hari sebelum tidur selama dua pekan. Setelah diperoleh hasil yang sesuai, cukup dikonsumsi dua hingga tiga kali dalam sepekan.
 
Lidah buaya
 
Selain memiliki kemampuan menyemburkan dan menghitamkan rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai pengharum vagina. Seperti halnya daun kemangi, pandan dan daun sirih, lidah buaya juga memiliki kandungan euganol dan minyak atsiri yang mempunyai kemampuan untuk membunuh kuman. Lidah buaya ini juga tidak boleh langusng dibilas ke vagina. Sebaiknya lidah buaya ini dapat dijadikan sebagai minuman. Caranya, ambil lidah buaya lalu dicuci bersih. Tumbuk hingga halus, hingga merata, baru kemudian diminum. Minumalah setiap hari selama dua pekan sebelum tidur malam. Jika telah mendapatkan hasil yang diinginkan dapat diminum dua hingga tiga kali dalam sepekan.
(tty)

»

Gigi Sehat, Arletta Danisworo Rajin Berkumur

Gigi Sehat, Arletta Danisworo Rajin BerkumurGIGI sehat dan indah menjadi hal penting bagi Arletta Danisworo. Pasalnya, poin teresbut menjadi modal utama saat menjalani profesinya sebagai MC.

Memiliki gigi sehat tidak hanya membantu kesehatan mulut terjaga selalu tetapi juga menyuntikkan kepercayaan diri seseorang. Sadar dengan kebutuhan tersebut, Arletta pun selalu berusaha menjaga kesehatan giginya setiap waktu.

?Kalau untuk menjaga kesehatan gigi, yang pasti sikat gigi 2 kali dalam sehari bahkan kadang-kadang suka sampai 3 kali. Kemudian dari dulu saya suka sekali berkumur, hal itu sudah diajarkan dari Sekolah Dasar dan melekat sampai sekarang. Selanjutnya, sakit tidak sakit saya selalu periksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali,? ujar Arletta Danisworo kepada Okezone dalam acara GlaxoSmithKline Polident di Penang Bistro, Selasa (28/5/2013).

Dalam pemeriksaan rutin tersebut, wanita cantik yang juga pernah menjadi presenter radio dan pembawa acara ini biasanya melakukan pembersihan karang gigi serta mengganti tambalan pada gigi yang berlubang.

Tindakan proteksi lainnya agar giginya tetap sehat juga dilakukannya dengan banyak minum air putih usai mengonsumsi minuman bersoda.

?Kalau sehabis minum-minuman bersoda atau yang manis-manis, saya biasanya berusaha langsung minum air putih lebih banyak serta diselingi dengan kumur-kumur bila sehabis makan atau setiap malam harinya,? tutup Arletta. (ind) (tty)

»

'Save the Children', Lindungi Anak Indonesia dari Diare

MEMILIKI pengetahuan tentang gaya hidup sehat sangatlah penting. Pengetahuan ini bisa menjadi kekuatan tersendiri untuk menangani atau mencegah serangan penyakit di kemudian hari.

Berbagai penyakit mengancam kesehatan anak-anak dan orangtua di Indonesia. Khususnya anak-anak, penyakit diare menjadi salah satu ancaman yang mengkhawatirkan dimana penyakit ini menjadi pembunuh nomor dua kematian anak-anak.

Berbekal dari pengalaman tersebut, Ratanjit Das, Presiden Direktur Reckitt Benckiser Indonesia melalui acara tahunannya 'Save the Children'  pun komitmen untuk membantu mengatasi masalah kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya anak dan orangtua.

"Salah satu tujuan besar 'save the children ialah berkontribusi untuk membantu mencegah penyakit diare yang merupakan pembunuh kedua anak-anak di dunia. Setidaknya 800.000 anak sudah terkena imbasnya dan meninggal. Sehingga pada acara ini kami akan berusaha memberikan panduan kesehatan atau mengedukasi para orangtua atas bahayanya penyakit ini. Hal ini perlu diketahui cepat mengingat banyaknya kematian anak karena diare dan mereka tidak mengambil langkah preventif apa pun. Untuk itu, para orangtua perlu mengetahui bagaimana mengatasi risiko atau penyakit apa yang kerap menyerang anak-anak," katanya saat diwawancarai Okezone dalam acara yang bertema  Reckitt Benckiser Indonesia Siap Membantu Mengatasi Masalah Kesehatan di Indonesia, di Hotel Shangri-La Business Center Supervisor, Jendral Sudirman, Jakarta, Selasa ( 28/5/2013).

Melalui kegiatannya tersebut, ada banyak kegiatan yang dilakukan untuk membantu proteksi anak-anak terhadap bahaya diare.

"Pada 30 Mei dan sampai 7 Juni 2013 ini, kami secara konsisten masih akan mengadakan dua acara kesehatan. Pertama, acaranya akan diselenggarakan di Lombok dekat Gunung Rinjani untuk mengedukasi ibu dan masyarakat mengenai gaya hidup sehat dan bersih, kepedulian kesehatan pada anak seperti cara mencuci tangan tangan baik atau bagaimana membuat rumah sehat dan nyaman. Kesadaran pada masyarakat desa perlu ditingkatkan sekarang, sebab bila mana lingkungan rumah sehat, hal itu akan menunjang keseharian saat beraktivitas di luar rumah, termasuk anak dan orangtua. Kedua ialah kerja bakti di Desa Cibeureum- Bandung untuk membangun bersama-sama Posyandu dan Pondok Bersalin Desa untuk masyarakat disana. Kami sendiri akan terjun langsung membantu pembangunan itu," tambah Mr. Ratanjis.

Tak hanya itu, penyuluhan kesehatan melalui klinik kesehatan pun tetap akan dilakukan.  Hal ini bertujuan untuk mengirimkan pesan betapa pentingnya kesehatan dan kebersihan bagi masyarakat.

"Kita Melakukan ini dalam upaya membangun kesadaran masyarakat, membangun agar menjadi habit mereka. Sehingga kualitas hidup masyarakat meningkat," terangnya. (ind) (tty)

»

Monday, May 27, 2013

Lansia pun Wajib Miliki Gigi Utuh

Lansia pun Wajib Miliki Gigi UtuhGIGI memiliki fungsi yang penting bagi mulut karena memiliki banyak fungsi seperti saat makan, berbicara maupun tertawa. Karenanya saat gigi tak utuh, Anda pun wajib mengisinya dengan gigi tiruan agar tak mengurangi kerja gusi dan mulut.

Hal ini nyatanya tak hanya berlaku bagi orang dewasa semata, para lansia pun diwajibkan mematuhi aturan tersebut. Karenanya, bagi mereka yang telah kehilangan beberapa gigi asli seperti para lansia, diajurkan untuk segera mengganti gigi asli yang telah hilang tersebut dengan menggunakan gigi tiruan untuk menjamin kestabilan gusi dan rahang mulut.

Hal ini seperti yang diutarakan ahli Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Lindawati. S Kusdhany, drg., Sp Pros (K)

"Gigi memiliki fungsi estetika, pengunyahan makanan dan pengucapan. Tanpa memiliki gigi yang lengkap, seseorang akan kesulitan dalam mengunyah makanan dan pengucapan saat berbicara," ujarnya dalam peluncuran GlaxoSmithKline Polident bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Prof. Linda mengutarakan bahwa hilangnya gigi akan menyebabkan penurunan gusi dan mengubah bentuk wajah.

"Oleh karena itu sangat penting menggantikan fungsi gigi yang sudah hilang dengan gigi tiruan,"tutupnya. (ind) (tty)

»

Latihan Squat Bikin Perut Lebih Kencang

Latihan Squat Bikin Perut Lebih KencangBANYAK orang menganggap remeh latihan squat. Padahal, latihan ini mendatangkan banyak manfaat. Berikut ulasannya.

Latihan squat merupakan olahraga efektif yang mudah dan menyehatkan. Apalagi, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Latihan squat diketahui dapat menurunkan berat badan lebih cepat serta membuat perut jadi lebih rata dan kencang. Tak percaya? Simak paparannya berikut ini, seperti dilansir Boldsky.

Membangun otot kaki

Latihan squat pada dasarnya dilakukan untuk memperkkuat otot-otot kaki. Anda melakukan latihan tersebut dengan menggunakan beban sehingga otot perut dan pinggul Anda akan lebih terbentuk. Hasilnya, perut pun jadi lebih rata dan kencang.

Melepaskan hormon testosteron

Latihan ini dapat menyusutkan lemak dimana sangat  bermanfaat bagi pria. Latihan ini pun membantu pria melepaskan testosteron dalam tubuh di mana dalam dosis yang tinggi, hormon tersebut akan membantu otot dada berkembang. Bagi yang masih remaja, latihan ini juga dapat membantu  untuk tumbuh lebih tinggi. Hal ini bisa terjadi karena latihan tersebut memicu pelepasan hormon pertumbuhan manusia dalam tubuh yang membantu Anda tumbuh lebih tinggi.

Meningkatkan kemampuan atletik

Latihan squat membantu Anda cepat sembuh dari cedera lutut. Bila Anda cedera hamstring, Anda juga dapat menyembuhkannya dengan latihan squat. Bahkan, latihan ini dapat membantu meningkatkan stabilitas lutut dan mengurangi hamstring kambuh.

Membakar lemak

Seseorang yang melakukan latihan squat secara teratur dapat membakar lemak lebih cepat daripada olahraga bebas lainnya. Selain itu juga dapat membantu membuat bokong kencang. (ind) (tty)

»

Gigi Tiruan Juga Perlu Dirawat dengan Baik

Gigi Tiruan Juga Perlu Dirawat dengan BaikPERAWATAN gigi tidak hanya berlaku untuk gigi asli semata. Gigi tiruan pun wajib dipelihara dengan baik.

Dalam memeringati hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh setiap tanggal 29 Mei, GlaxoSmithKline (GSK) melalui salah satu produknya yang fokus sebagai solusi lengkap perawatan gigi tiruan, Polident, ingin mewujudkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup warga lanjut usia (lansia), khususnya pengguna gigi tiruan.

Bersinergi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Polident mengadakan berbagai program edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk kalangan lansia di berbagai kota di Indonesia.

Misi Polident melalui program edukasi ini adalah ingin membuat pengalaman para pemakai gigi tiruan dari baik menjadi lebih baik serta merasakan kenyamaanan optimal saat makan, bicara, maupun tertawa sehingga dapat beraktivitas dan bersosialisasi secara optimal untuk hidup yang lebih berkualitas.

GSK Polident dan PDGI akan melakukan berbagai rangkain kegiatan dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan perawatan gigi dan mulut warga usia lanjut di Indonesia. Rangkaian kegiatan tersebut di antaranya, mengadakan seminar, pendidikan dan pelatihan pemakaian gigi tiruan untuk dokter gigi dan masyarakat, pembuatan buku pedoman pemakaian gigi tiruan, serta sosialisasi program peningkatan kesadaran masyarakat mengenai gigi tiruan.

"Sejalan dengan bertambahnya usia, secara umum kondisi kesehatan gigi dan mulut dapat mengalami penurunan fisiologis, sehingga perlu diketahui perawatan yang tepat," ujar Ketua PDGI Dr. drg. Zaura Anggraeni, MDS dalam peluncuran GlaxoSmithKline Polident di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Namun pada kenyataannya, masyarakat Indonesia banyak belum mengetahui langkah perawatan yang tepat untuk menjaga kondisi kesehatan gigi dan mulut, terutama warga lansia.

"PDGI mengapresiasi serta mendukung kesamaan visi dan misi GSK yang berupaya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut warga lansia di Indonesia, khususnya pengguna gigi tiruan. Melalui berbagai program edukasi, kami harapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup warga lansia," tandasnya. (ind) (tty)

»

Terlibat Persaingan, Testosteron Pria Meningkat Pesat

Terlibat Persaingan, Testosteron Pria Meningkat PesatMENINGKATKAN testosteron ternyata bukan hal yang sulit. Berolahraga dengan orang asing atau orang yang belum Anda kenal bisa jadi pilihan. Persaingan yang terjadi di dalamnya akan meningkatkan testosteron dengan mudah.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi baru di Human Nature. Dalam penelitian, para peneliti melakukan sebuah eksperimen dengan menerapkan berbagai pertandingan yang kompetitif antara seseorang dengan orang lain. Ternyata, hasil menunjukkan jika tingkat testosteron pria melonjak hingga lebih dari 30 persen. Sementara bila Anda berhasil mengalahkan teman Anda dalam sebuah pertandingan olahraga, hal tersebut justru tidak memengaruhi tingkat testosteron pria.

Dalam studi dijelaskan bahwa testosteron akan naik ketika jaringan otot dirangsang sehingga koordinasi dan kemampuan mental juga meningkat dan akan merasa lebih percaya diri dalam suasana yang kompetitif. Para peneliti berspekulasi bahwa tingkat testosteron yang meningkat setelah kemenangan tersebut memersiapkan Anda menghadapi penantang lainnya.

Lalu mengapa testosteron Anda tidak meningkat ketika mengalahkan teman? "Evolusi berbicara, membentuk koalisi atau kemitraan adalah strategi yang baik untuk tetap bertahan hidup, jika berhadapan dengan sekutu atau musuh, testosteron Anda akan berkobar karena dengan loyalitas hal itu tidak akan bertahan lama," ujar Mark Flinn, Ph.D, seorang antropolog di University of Missouri sebagaimana yang dilansir oleh Menshealth.

Pada awal penelitian menunjukkan testosteron akan meningkat selama dalam pertandingan olahraga, tim Anda memeroleh kemenangan. Namun ternyata memenangkan sebuah kompetisi non-olahraga, misalnya bersaing di tempat kerja untuk sebuah kontrak atau pekerjaan lainnya ternyata juga bisa meningkatkan testosteron, terlebih bila bersaing untuk mendapatkan perhatian wanita.

"Namun, setiap perbedaan yang ditunjukkan dalam tingkat testosteron hanya berlangsung singkat. Jadi jika Anda khawatir dengan testosteron yang rendah, lebih baik Anda berusaha menurunkan berat badan dan mengurangi mengonsumsi alkohol," tutupnya. (ind) (tty)

»

Kenali Sebab-Sebab Keputihan pada Anak

Kenali Sebab-Sebab Keputihan pada AnakBELUM haid namun buah hati mengalami keputihan? Jangan dulu panik menghadapinya. Ulasan berikut membantu.

Keputihan ternyata bisa terjadi pada anak-anak, bahkan yang belum masuk usia remaja sekalipun. DR.dr Rini Sekartini, SpA(K) dari UKK Tumbuh Kembang Anak IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) memaparkan sebab-sebab terjadinya keputihan pada anak, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Faktor Penyebab

-Faktor Dalam: belum berkembangnya alat kelamin si kecil, utamanya bibir luar kemaluan, sehingga memudahkan peradangan. Lemaknya pada kemaluan masih tipis sehingga menyebabkan lubang kencing maupun lubang kemaluan (vestibulum) belum terlindungi maksimal.

Kemaluan si kecil juga belum ditumbuhi rambut, dimana rambut berfungsi sebagai pelindung. Letak lubang kemaluan pada bayi dan anak juga masih sangat dekat dengan anus, sehingga mudah terkontaminasi oleh bakteri dari anus maupun iritasi akibat feses (kotoran). Hal lainnya adalah pH atau keasaman vagina cenderung netral dan basa (alkalis). Ini memudahkan bakteri berkembang biak.

Sedangkan pada bayi, dua bulan pertama kadar hormon estrogen yang terbawa dari ibu masih tinggi. Keadaan ini memengaruhi jumlah cairan vagina. Sementara pada anak pra pubertas, peningkatan kadar hormon estrogen terjadi lagi sehingga memengaruhi peningkatan produksi cairan yang melapisi dinding vagina.

-Faktor Luar: infeksi dari bakteri, parasit atau jamur. Pada bayi dan anak, biasanya karena faktor kurang bersih, misalnya cara cebok yang salah - dari belakang ke depan - sehingga memudahkan kotoran dari anus masuk ke vagina.

Perhatikan Kebersihan!

Umumnya penyebab keputihan pada anak-anak karena kurangnya menjaga kebersihan. Hampir 70 persen kasus yang terjadi pada anak-anak karena masalah hygiene. Ditambah lagi daerah sekitar kemaluan lembap. Biasanya, setelah buang air kecil, daerah kemaluan anak tidak dikeringkan secara saksama sehingga celana dalamnya basah dan menimbulkan kelembapan di sekitarnya. Ditambah sisa air seni yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal, sehingga bisa menimbulkan keputihan.

Sebaiknya pada anak usia 5 sampai 10 tahun, lakukan pengecekan kebersihan alat kelamin dan anggota badannya paling tidak seminggu dua kali. Pada usia ini, anak paling rentan mengalami keputihan karena ia sudah tidak mau diceboki, sementara keterampilan merawat organ intimnya belum dikuasai benar.

Kesalahan yang banyak dilakukan orangtua yang menimbulkan keputihan adalah menaburkan bedak terlalu banyak pada daerah kelamin bayi dan anak usai mandi atau saat mengganti popok. padahal, serbuk bedak merupakan benda asing yang dapat menimbulkan keputihan.

Tidak Perlu Memakai Pantyliner

Untuk orang dewasa, ketika mengalami keputihan bisa menggunaan pantyliner. Namun, jika si kecil yang mengalami keputihan tidak perlu menggunakannya. Yang harus diperhatikan adalah mencegah terjadinya keputihan dengan menjaga kebersihan alat kelamin atau genital anak. (ind) (tty)

»