Sunday, May 26, 2013

7 Cara Sisipkan Banyak Sayuran dalam Diet Anda

7 Cara Sisipkan Banyak Sayuran dalam Diet AndaKITA semua tahu bahwa sayuran mengandung banyak nutrisi yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Nutrisi sendiri berfungsi membantu mengurangi risiko berbagai jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan kanker.  
Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyisipkan lebih banyak sayuran dalam diet harian. Berikut panduan untuk Anda, sebagaimana dilansir Foxnews.
Mulai lebih awal
 
Meskipun tidak banyak sayur-sayuran, omelet bisa sesuai dengan sarapan Anda, seperti telur dadar dengan bayam, bawang, paprika, dan jamur. Jika khawatir dengan asupan kolesterol Anda, tambahkan putih telur dari satu butir telur utuh. Dengan begitu, Anda masih mendapatkan banyak protein dan nutrisi.
 
Minuman jus sehat
 
Bila Anda ingin membuat jus segar, jangan lupa menyisipkan beberapa sayuran hijau dengan harga yang relatif standar, seperti memasukkan beberapa bayam kecil atau kangkung yang telah dicuci secara rutin di jus sehat Anda. Sayuran berdaun hijau, praktis tidak ada kalori dan mengandung serat, vitamin A, C dan K, sehingga tubuh akan mendapatkan keuntungan.
 
Memperbarui makanan pembuka
 
Wortel dan batang seledri nampaknya bisa dijadikan pilihan lain untuk makanan ringan yang mudah dibawa. Tetapi ada juga sayuran lainnya, seperti kacang hijau yang bisa Anda lahap di tempat kerja atau di perjalanan. Selain itu, Anda bisa mencoba mencampur satu siung bawang putih yang sudah dipotong-potong dengan secangkir yogurt murni, kemudian dicampur dengan satu setengah cangkir irisan limun, serta perasan jus lemon segar, garam, dan merica secukupnya.
 
Menikmati sandwich
 
Jika Anda hendak menikmati sandwich dan menikmatinya saat makan siang, makanan cepat saji menjadi sebuah tantangan sendiri. Pilihlah dengan isi mentimun, tomat, paprika, bayam, bawang, serta paprika manis. Selain itu, salad juga pilihan yang bagus untuk santapan Anda di tengah kesibukan.
 
Saus bahan sayuran
 
Saus daging adalah pilihan umum, sementara Anda bisa beralih ke bahan sayuran. Potong-potong satu setengah dari terong dan satu cangkir jamur, kemudian tumis dalam wajan sampai matang. Setelah itu, aduk saus favorit Anda, ditambah tumisan timun dengan sedikit minyak zaitun dan aduk dengan pasta.
 
Menu pesanan khusus
 
Jika menu sayuran yang dibawa sudah habis, Anda tidak perlu takut karena hampir setiap restoran akan menyediakan permintaan tersebut. Pilihlah sayuran yang dikukus atau ditumis, serta jangan pilih kentang goreng tinggi lemak.
 
Sehari tanpa daging
 
Anda tidak perlu menjadi seorang vegetarian untuk satu acara makan malam yang menghidangkan menu utama berdasar sayuran. Pilihlah paprika yang diisi dengan sayuran bayam atau tahu tumis di atas beras merah bisa begitu lezat.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment