Saturday, April 6, 2013

Isap Rokok Usai Bangun Tidur, Picu Kanker Mulut

Isap Rokok Usai Bangun Tidur, Picu Kanker MulutBAGI para pecandu, kebiasaan merokok memang sulit untuk dihilangkan. Padahal ada banyak risiko penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda dari mengonsumsi rokok. Salah satunya adalah peningkatan risiko terkena berbagai jenis kanker.
 
Penelitian yang dilakukan oleh Penn State menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok di pagi hari saat mereka bangun tidur, memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan penyakit kanker paru-paru dan kanker mulut, demikian yang dilansir Everydayhealth.
 
Para peneliti menemukan bahwa sekira 32 persen dari peserta mengisap rokok pertama mereka dalam waktu lima menit setelah bangun. Sebanyak 31 persen lainnya merokok dalam waktu 6-30 menit usai bangun, 18 persen dalam waktu 31-60 menit, dan 19 persen merokok dalam waktu lebih dari satu jam setelah bangun.
 
Orang-orang yang merokok segera setelah mereka bangun memiliki kadar NNAL (zat dari tembakau yang menyebabkan kanker) lebih tinggi. Ini memicu risiko pengembangan penyakit kanker lebih besar dibanding para perokok yang tidak merokok saat mereka bangun pada pagi hari.
 
Akibatnya, waktu untuk mengonsumsi rokok pertama kali saat mereka bangun mungkin menjadi faktor penting dalam identifikasi perokok berisiko tinggi dan dalam pengembangan risiko penyakit yang dihadapi.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment