Monday, March 25, 2013

Terobsesi dengan Diet, Waspada Orthoreksia

Terobsesi dengan Diet, Waspada Orthoreksia   GANGGUAN makan seperti anoreksia atau bulimia memang umum terdengar. Saat ini tengah marak gangguan makan lain yang berkaitan dengan diet yang dianggap sempurna dan disebut orthoreksia.
 
Orthoreksia adalah istilah yang relatif baru untuk gangguan di mana seseorang menjadi terobsesi dengan diet yang sempurna, kebersihan makanan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan makan yang diatur sedemikian rupa. Dan kebanyakan, wanita cenderung menjadi kelompok berisiko tinggi untuk menderita gangguan makan ini, demikian yang dilansir Foxnews.
 
Para penderita orthoreksia bisa brada di bawah tekanan karena berusaha untuk tetap fit dan segar. Hal yang perlu diketahui adalah terlalu terobsesi dengan makanan sehat justru tidak baik untuk kesehatan Anda. Anda dapat melakukan kerusakan permanen pada tubuh pada beberapa tingkatan. Diet yang sangat ketat berarti Anda mungkin kehilangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
 
Orang yang menderita orthoreksia akan benar-benar menghindari atau menghilangkan makanan tertentu yang dianggap dapat merusak diet mereka. Tentu ini bukan hal yang baik karena tubuh membutuhkan beragam nutrisi untuk menjaga fungsi tubuh yang seimbang.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment