Monday, March 25, 2013

Nyeri Pinggul Saat Haid, Waspada Kista

Nyeri Pinggul Saat Haid, Waspada Kista   BANYAK wanita mengalami kista ovarium tanpa mengetahui gejalanya. Padahal dengan mengetahui gejala awal, Anda bisa melakukan pemeriksaan dini dan mencegah kista tak semakin parah.
 
Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang menetap di dalam atau pada permukaan ovarium. Jika folikel dalam ovarium membesar lebih dari 2 cm, ini bisa disebut sebagai kista. Pada banyak kasus, kista memang tidak berbahaya. Bahkan, ada yang menghilang dengan sendirinya, demikian yang dilansir Magforwoman.
 
Yang menjadi alasan pentingnya mengetahui gejala kista adalah, kista dapat menyebabkan gangguan yang mungkin akan mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda. Gejala pertama dan terpenting dari kista ovarium adalah Anda menjadi sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena jika kista ovarium tumbuh membesar, tekanannya akan mempengaruhi kandung kemih, dan mengurangi kapasitas kandung kemih, sehingga Anda terus-menerus kencing.
 
Gejala lain dari kista adalah menstruasi yang tidak teratur, nyeri panggul selama dan setelah periode menstruasi dan saat berhubungan seksual. Mual, muntah, dan payudara menjadi lunak adalah gejala lain dari kista ovarium.
 
Penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan jika mengalami gejala yang disebutkan. Ini karena kista dapat memicu terjadinya kanker atau bisa memicu komplikasi yang mengharuskan indung telur atau rahim Anda diangkat.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment