Thursday, March 28, 2013

Bumil Kurang Vitamin D, Cek Risikonya

Bumil Kurang Vitamin D, Cek RisikonyaRENDAHNYA tingkat vitamin D selama kehamilan berkaitan dengan peningkatan risiko komplikasi pada ibu. Selain itu, ibu juga berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah.  
Penelitian menunjukkan pentingnya asupan vitamin D selama kehamilan. Mengonsumsi suplemen vitamin D dapat membantu mengurangi berbagai risiko kesehatan, baik pada ibu maupun bayi. Para peneliti mengkaji data dari 31 studi yang dipublikasikan antara tahun 1980 dan 2012, dengan peserta 95 dan 1.100 orang.

Hasil analisis menunjukkan bahwa wanita hamil dengan tingkat rendah vitamin D lebih mungkin mengembangkan diabetes gestational (diabetes selama kehamilan) dan preeclampsia (tekanan darah tinggi dan protein dalam urin). Mereka juga lebih mungkin memiliki bayi berat lahir rendah, demikian yang dilansir Everydayhealth.

Kadar rendah vitamin D memang dapat terjadi selama kehamilan, khususnya di kalangan vegetarian, wanita dengan paparan sinar matahari yang terbatas dan mereka dengan kulit lebih gelap. Tubuh membuat vitamin D saat kulit terkena sinar matahari, sumber lain termasuk suplemen dan beberapa jenis makanan, seperti ikan. Susu juga biasanya diperkaya dengan vitamin D, ini bisa menjadi solusi bagi para ibu hamil untuk mencegah risiko gangguan kesehatan.
Meskipun penting vitamin D dan paparan sinar matahari harus digunakan bersama-sama dengan hati-hati. Konsultasikan dengan doktor untuk penggunaan suplemen yang bisa Anda konsumsi selama kehamilan akan bermanfaat.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment