Thursday, February 28, 2013

Tunda Punya Anak, Pikirkan Risiko Ini

Tunda Punya Anak, Pikirkan Risiko Ini   BANYAK pasangan yang memutuskan menunda memiliki momongan karena berbagai alasan. Jika Anda salah satunya, sebaiknya pikirkan kembali keputusan Anda karena ternyata, menunda memiliki anak dapat berdampak pada kesehatan seksual Anda.
 
Ada banyak pasangan yang mungkin mengambil keputusan untuk menunda memiliki anak. Padahal ini bisa mempengaruhi kesuburan Anda sebagai calon orang tua. Menunda kehamilan, apalagi hingga batas usia 32 tahun pada wanita, dapat menyebabkan menurunnya kualitas telur, tentu ini akan berdampak pada kesuburan Anda, demikian seperti yang dikutip dari buku Bayi Tabung, Mempersiapkan Kehamilan, karya dr.Ivan R.Sini, SpOG terbitan Gramedia.
 
Jika Anda menunda kehamilan dengan menggunakan alat kotrasepsi seperti IUD, ini memang mempunyai risiko kecil untuk terjadi infeksi pada pelvis (rongga panggul). Namun jika tidak menjaga kebersihan dengan baik pada daerah vagina, akan memudahkan bakteri untuk masuk pada uterus dan bersarang pada kontrasepsi, ini akan menyebabkan infeksi yang ditandai dengan keputihan. Kondisi ini akan masuk sampai tuba falopi dan menyumbat saluran sehingga menghambat sperma mencapai sel telur.
 
Sementara jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal, butuh waktu untuk mengembalikan siklus hormon pada kondisi semula seperti sebelum menggunakan kontrasepsi. Kadang-kadang butuh waktu beberapa lama untuk memperoleh kembali siklus ovulasi dan menstruasi yang normal usai menggunakan kontrasepsi hormonal. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment