Monday, February 25, 2013

Stres, Efeknya Bisa Sebabkan Gangguan Pencernaan

Stres, Efeknya Bisa Sebabkan Gangguan PencernaanPERNAHKAH Anda memerhatikan bahwa fluktuasi emosi Anda menyebabkan reaksi di perut Anda? Ternyata sistem pencernaan Anda memiliki efek langsung dengan otak Anda. Inilah mengapa jika Anda stres, maka sistem pencernaan Anda akan terpengaruh.
 
Sistem saraf enterik, atau saluran gastrointestinal (GI) sering disebut seperti otak kedua Anda. Saluran pencernaan bergantung pada neuron dan neurotransmiter untuk menyelesaikan fungsi-fungsi tertentu, serta menjaga komunikasi dengan sistem saraf pusat.  
 
Ini juga berarti bahwa ketika Anda mengalami stres atau ketegangan yang sedang berlangsung, kesehatan pencernaan Anda akan terpengaruh. Stres psikologis dapat mengganggu kontraksi saluran pencernaan, menyebabkan peradangan dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi, demikian yang dilansir Foxnews.

Sakit perut kronis, iritasi usus, dan gejala yang tidak menyenangkan lainnya dari sistem pencernaan adalah reaksi alami usus terhadap stres. Untuk meminimalkan kerusakan pada kesehatan mental dan fisik, Anda perlu mengidentifikasi sumber ketidaknyamanan Anda dan ketika merasakan gejala yang tidak nyaman pada pencernaan.
 
 
Saluran pencernaan dan otak memiliki koneksi yang  begitu kuat. Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa pasien yang menjalani terapi untuk stres dan kecemasan mental, mengalami pengurangan gejala gangguan pencernaan (GI). (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment